Diresmikan Wako Pekanbaru, Ramaikan Pameran Retrospektun: 20 Tahun Sikari

Pameran-Retrospektun-20-Tahun-Sikari.jpg
(ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pekanbaru Bandar Kartun Festival (PBKF) adalah kegiatan rutin tahunan komunitas kartun Sindikat Kartunis Riau (Sikari). Sejak pertama kali digelar pada 2012 lalu, PBKF kali ini memasuki tahun ketujuh.

Pada PBKF VII tahun ini mengangkat tema Retrospektun karena bersempena usia Sikari yang ke-20 tahun dan subtema adalah Kartun 4.0, yang akan digelar di Living World Pekanbaru, 24 sampai 30 September 2018 mendatang.

Ketua Panitia PBKF VII Ade Fitra Jek, mengatakan pameran akan diresmikan Wali Kota Pekanbaru Firdaus. “Pak Wali Kota, Insya Allah akan meresmikan malam ini (pukul 19.00 WIB),” jelas Ade Fitra Jek, Senin, 24 September 2018.

PBKF kali ini merupakan kedua kalinya diresmikan Wali Kota Pekanbaru, setelah pada 2012 silam. Selain pameran kartun dari berbagai kartunis lokal dan nasional juga diisi dengan iven-iven yang melibatkan masyarakat atau pengunjung, antara lain Say-Toon, Jamstrip Komik, carricature battle, doodle spot, mini workshop, dan studytoon.

Ketua Sikari Furqon Elwe menjelaskan, usia Sikari 20 tahun dan banyak hal yang berubah terutama industri kartun dari mulai Sikari berdiri 1998. Sikari mencoba mengangkat Retrospektun untuk mengingat kembali perjalanan Sikari dan tema Kartun 4.0 sebagai perhatian untuk mulainya revolusi industri 4.0.

“Perubahan industri dari 3.0 ke 4.0 berpengaruh dengan pola kehidupan, bisa jadi juga terjadi pada industri kartun,” tambah Furqon.


Iven ini jugan didukung beberapa media partner, sponsor baik perorangan maupun komunitas. Semua iven pendukung pameran kartun ini, bisa diikuti dan karya-karya kartunis yang dipamerkan sebanyak 60 karya lebih dan bisa dinikmati pengunjung mal.

Pada peresmian malam ini juga akan digambarkan secara teatrikal perjalanan industri 1.0 hingga 4.0 dengan kartunal.

“Mudah-mudahan, pameran PBKF VII Sikari ini bisa mengedukasi masyarakat dan kami siap dengan kritik dan saran, “ harap Furqon.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id