Kampar Bakal Gelar Bazar Kuliner dan Kerajinan, Catat Tanggalnya...

Kepala-Dinas-Pendidikan-dan-Olahraga-Kabupaten-Kampar-Santoso.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, BANGKINANG KOTA - Dalam rangka menggerakkan potensi dan pemberdayaan perempuan Indonesia, khususnya Kabupaten Kampar. Pemkab Kampar melalui Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kampar dan TP PKK Kabupaten Kampar bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Depdikbud RI mengadakan pameran dan bazaar yang akan menampilkan produk unggulan Kabupaten Kampar yang akan diadakan, Senin, 27 Agustus 2018 mendatang di Lapangan Pelajar Bangkinang.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar Azis Zaenal, melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kampar Santoso saat dijumpai di Bangkinang, Kamis, 23 Agustus 2018.

"Kegiatan ini akan melibatkan 9 dinas dan instansi terkait yang akan mengisi 80 stand yang disediakan oleh panitia, yang akan menampilkan produk-produk kuliner dan kerajinan unggulan Kampar yang berasal dari binaan TP PKK Kabupaten Kampar maupun binaan OPD di lingkungan Pemkab Kampar," ungkap Kadisdik.

Ia memaparkan, produk kuliner yang akan dipamerkan diantaranya makannan khas Kampar seperti Palito daun, kerupuk ubi tujin, lopek bugi dan sebagainya. Begitu juga penampilan kerajinan berupa, tudung saji dan Batik Muara Takus Kampar yang baru saja di lounching, anyaman, tanjak Kampar, produk anyaman lainnya maupun kerajinan dari masyarakat.

Ditambahkan Santoso bahwa program ini merupakan program pusat dalam pemberdayaan perempuan yang memiliki potensi tapi tidak bisa berbuat karena adanya keterbatasan dalam membantu ekonomi keluarga, melalui shearing program antara pusat dan daerah sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.


"Ini akan melibatkan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M), Pendidikan Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Desa Vokasi, begitu juga dengan Unit Usaha Peningkatan Pendapatan Keluiarga (UP2K ) Binaan PKK Kampar, Dekranasda Kampar, dan binaan dari 9 dinas di Pemkab Kampar," ulas Kadis.

Diantara OPD yang terlibat diantaranya, Dinas Pendidikan dan Olahraga, Dinas Sosial, TP PKK Kampar, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Persandian dan Dekransda Kabupaten Kampar yang telah memiliki binaan masing-masing.

"Mari kita hadiri dan ramaikan acara tersebut dalam upaya pemberdayaan perempuan di Kabupaten Kampar semoga melalui program ini kita dapat mewujudkan Kampar yang makin maju dan sejahtera sebagiaman yang kita cita-citakan," tutup Santoso. (*)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id