BBKSDA Riau Telusuri Harimau Mangsa Ternak Warga Inhil

Jejak-harimau-di-kebun-karet-desa-koto-tuo.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menelusuri jejak-jejak seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang memasuki pemukiman warga Desa Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Bahkan, harimau tersebut dilaporkan warga sempat memangsa enam ekor ternak warga, terdiri tiga sapi dan tiga kambing.

"Tim kami masih terus melakukan penelusuran di sana. Hasil pengecekan (jejak-jejak telapak kaki) diduga satu ekor harimau dewasa," kata Haryono, Kepala BBKSDA Riau, Kamis, 20 September 2018.

Dia menuturkan, penelusuran tersebut berawal dari laporan masyarakat Desa Teluk Nibung yang beberapa kali mendengar auman harimau pada awal pekan ini. Selain itu, warga juga melihat jejak telapak kaki si raja rimba tersebut yang menyebar di sejumlah titik.

Selain itu, dari keterangan warga setempat, Haryono mengatakan sedikitnya enam ekor ternak warga terdiri dari tiga ekor sapi dan tiga ekor kambing dimangsa satwa karnivora itu.

Hingga kini, dia menuturkan tim BBKSDA Riau Resort Pekan Heran masih berada di lokasi untuk terus memantau pergerakan satwa tersebut. Haryono menuturkan timnya fokus pada penyelamatan mayarakat dan satwa harimau.

Untuk itu, pihaknya terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan perburuan, termasuk melukai satwa yang dilindungi undang-undang tersebut.

"Tim kita juga terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan melukai atau membunuh harimau itu. Kami mohon kepada masyarakat jika melihatnya sampaikan saja ke tim kita," jelasnya.

Lebih jauh, dia juga meminta kepada kepala desa untuk membantu membuat papan pemberitahuan kemunculan satwa tersebut, dan meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Kemunculan harimau di Kabupaten Indragiri Hilir kerap terjadi. Masih ingat jelas ketika Bonita, harimau betina remaja muncul di Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir pada awal tahun 2018 ini. (**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 


Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id