Deklarasi #2019GantiPresiden Bakal Kembali Digelar di Pekanbaru, Hoax?

Banner-deklarasi-hastag-2019-Ganti-Presiden.jpg
(Instagram)


LAPORAN: PANJI PRATOMO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah agenda deklarasi hastag 2019 Ganti Presiden digelar di Pekanbaru pada 26 Agustus 2018 lalu, kini warga net dikejutkan dengan banner yang tersebar di sosial media khususnya Instagram, bahwa deklarasi tersebut kembali digelar di Pekanbaru pada 2 September 2018 mendatang.

Informasi yang beredar ini, sontak memunculkan beragam spekulasi di kalangan publik terkait hadirnya Bunda Neno Warisman di Pekanbaru untuk mendeklarasikan #2019GantiPresiden, setelah kedatangannya pada 25 Agustus 2018 lalu, dipersekusi oleh sekelompok oknum di gerbang Bandara Sultan Syarif Kasim II Riau.

Seperti Lukman, salah seorang pengguna media sosial yang turut menyebarkan informasi tersebut ke grup media sosial WhatsApp. Meski ia tidak tahu kebenaran akan kabar tersebut, namun dirinya beranggapan bahwa deklarasi #2019GantiPresiden untuk yang kedua kalinya di Bumi Melayu ini, Bunda Neno Warisman dipastikan hadir.

Baca Juga: Nasib Neno Warisman, Diadang Izin Kapolda Riau, Dipulangkan Kepala BIN Riau

"Mungkin deklarasi kali ini (2 September 2018) Bunda Neno Warisman akan hadir di Bumi Melayu," bunyi caption saat ia membagikan banner tersebut ke grup WhatsApp.

Spekulasi ini diperkuat dengan pernyataan Gerakan Masyarakat Menuntut Keadilan (GMMK) Riau, melalui Ketua Yana Mulyana, yang mengatakan bahwa ia dan kelompoknya akan kembali mendatangkan Bunda Neno ke Pekanbaru, saat GMMK Riau mengadakan konferensi pers di Aula Masjid Al-falah Darul Muttaqin, Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru, 28 Agustus 2018 lalu.


Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata kabar yang tersiar di sosial media tersebut adalah kabar hoax. Ini dibenarkan oleh Luki selaku Panitia Deklarasi #2019GantiPresiden Divisi Ormas dan Tokoh Masyarakat Presidium Riau. Ia menegaskan bahwa informasi yang beredar mengatakan hal tersebut tidak benar.

Klik Juga: Geram, GMMK Bakal Hadirkan Kembali Bunda Neno Ke Riau

"Tidak. Itu hoax. Kemarin kita sudah deklarasi secara damai tanggal 26 Agustus, jadi tidak ada deklarasi lagi. Jadi banner yang beredar di sosial media itu bukan dari pihak kami," tandas Luki, Kamis 30 Agustus 2018.

Tidak tanggung-tanggung, kabar hoax yang bertuliskan "Riau Deklarasi Akbar #2019gantipresiden" tersebut akan dihadiri oleh Bunda Neno Warisman, Politikis Gerindra, Ahmad Dani, serta pencipta lagu 2019GantiPresiden, Jhon Sang Alang.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id