Riau Modifikasi Hujan untuk Tekan Karhutla Jelang Asian Games

Heli-Waterbombing-bpbd.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu mengatakan pihaknya akan berjuang keras dalam menekan angka Karhutla di Provinsi Riau jelang Asian Games yang akan digelar sebentar lagi.

"Kemarin sudah kita sampaikan bahwa Asian games ini event internasional, Pemprov bersama DPRD, TNI/Polri, perusahaan dan pihak lainnya akan berjuang mencari solusinya," ungkap Politisi PDIP ini, Jumat, 17 Agustus 2018.

Diakui Kordias, akhir-akhir ini curah hujan sangat minim di Riau bahkan beberapa daerah sudah berminggu-minggu mengalami cuaca ekstrem dan tidak mengalami hujan.

Untuk itu, Kordias yang juga merupakan pimpinan dalam struktur Satgas Karhutla menyatakan pihaknya akan melakukan modifikasi hujan agar tidak mengganggu jalannya Asian Games.

"Alat seperti helikopter dan lainnya sudah disiapkan untuk ini," katanya.

Dijelaskan Kordias, dalam memadamkan lahan gambut ini tidak sama seperti memadamkan api biasa, karena kebakaran bisa saja terjadi di bawah tanah yang tidak kasat mata.


"Kebakaran juga bisa dilatarbelakangi oleh panasnya lahan sehingga menimbulkan percikan-percikan api, lahan gambut ini sangat mudah terbakar dan menyebar," jelasnya.

Selain itu, Kordias juga mengakui peran masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi Karhutla, sebab masih ada masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar lahan.

"Pergunakanlah lahan dengan cara tidak membakar lahan, malu kita nanti kalau ada kabut asap, Asian games ini 60 tahun sekali di Indonesia," tutupnya.

Seperti yang diketahui, beberapa hari menjelang Asian Games 2018, sejumlah lahan gambut di Riau mengalami kebakaran bahkan beberapa desa sudah terkepung api.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id