Ini Dia Mantan Atlet Riau Lanjutkan Kirab Obor Asian Games 2018 ke Sumbar

Kristian-L-Tobing-mantan-atlet-riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kristian L Tobing, mantan atlet cabang atletik asal Riau begitu sulit merangkai kata untuk mengungkapkan isi hati saat menjadi yang pertama melanjutkan kirab obor (torch relay) Asian games 2018 menuju Sumatera Barat.

Pria yang sukses meraih medali emas pada PON 2004 dan 2008 itu berapi-api melaksanakan tugas sebagai pembawa api obor abadi yang didatangkan dari India itu.

"Waduhh, perasaan saya saat itu tidak bisa digambarkan. Saya sangat senang sekali menjadi orang yang pertama membawa api obor Asian games," katanya saat dihubungi melalui telepon, Kamis, 2 Agustus 2018.

Kerja kerasnya selama ini yang mampu membawa Indonesia menuju empat kali Asian games, lima kali Riau melenggang ke PON serta prestasi mentereng lainnya berbuah manis saat dirinya dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Riau untuk menjadi yang pertama sebagai mantan atlet dalam kirab api obor menuju kota selanjutnya.


"Selama ini, bisa dikatakan bahwa yang seperti ini kan mantan atlet semua yang melakukannya. Baru sekarang ini saya rasakan kesenangan serta dapat mewakili rekan-rekan lainnya," tegasnya.

Menurutnya, kirab api obor Asian Games 2018 kali ini menjadi pertanda bahwa sudah saatnya olahraga Riau untuk tidak lagi dipandang sebelah mata. Bahkan segelintir orang, beranggapan bahwa profesi atlet olahraga tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Aku berharap buat mereka (atlet Riau) harus sadar bahwa olahraga itu bisa menjadi masa depan. Serta mampu membawa perubahan buat kita dan anak istri. Lihat saja, saya yang hanya menjadi penyemangat saja rasanya saat membawa api obor itu luar biasa sekali," tegasnya.

Ucapan pria kelahiran Pekanbaru ini disambut baik oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau, Doni Aprialdi. Menurutnya, olahraga tidak bisa lagi dipandang gagal dalam menghidupi kebutuhan hidup bersama keluarga.

Doni menegaskan setelah menyumbangkan dua emas untuk Riau, Krisitian langsung diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Dispora Riau.

"Setelah menyumbangkan emasnya untuk Riau, Kristian kami angkat menjadi PNS di Dispora Riau. Dan dia saat ini melatih untuk PPLP Riau," tegasnya.