Gubri: Obor Asian Games Motivasi Atlet Lokal

Andi-rachman-sambut-obor-asian-games.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengaku bangga karena provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning tersebut menjadi salah satu daerah persinggahan api obor Asian Games 2018.

"Kedatangan Obor Asian Games menjadi suatu penghargaan bagi Provinsi Riau," kata Gubernur yang akrab disapa Andi tersebut usai menyambut kedatangan rombongan pembawa Api Obor Asian Games di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Rabu, 1 Agustus 2018 sore.

Andi berharap dengan kedatangan Api Obor Asian Games tersebut menjadi motivasi bagi pembinaan dan meningkatkan prestasi atlet di Provinsi Riau.

Selain itu, dia juga mengatakan Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Agustus ini.

"Mudah-mudahan ini memberikan semangat untuk kita di Riau dalam mengembangkan olahraga serta sukseskan Asian Games," ujarnya.

Baca Juga Enam Jet Tempur Atraksi Sambut Obor Asian Games di Pekanbaru


Lebih jauh, Andi juga menyoroti semangat TNI AU dalam membawa api obor Asian Games ke 64 daerah di Indonesia. Menurut dia, peran TNI AU dalam membawa api obor Asian Games 2018 ke berbagai daerah di Indonesia merupakan tugas penting demi kesuksesan even multi olahraga empat tahunan tersebut.

Api obor Asian Games 2018 tiba di Lanud Roesmin Nurjadin Rabu sekitar pukul 15.30 WIB setelah menyelesaikan kirab di Provinsi Sumatera Utara.

Rombongan pembawa Api Obor Asian Games yang dipimpin oleh Marsekal Pertama TNI Eko Dono tiba di Pekanbaru dengan menggunakan pesawat jenis Hercules C-130. Atraksi enam jet tempur F16 dan Hawk 100/200 menyambut kedatangan bersejarahan tersebut.

Selain disambut atraksi jet tempur berupa fly pass, kedatangan rombongan pembawa Api Obor Asian Games juga disambut dengan seni bela diri tradisional, Pencak Silat dan tarian sambutan melayu.

Klik Juga Andi Rachman Sambut Api Obor Asian Games di Pekanbaru

Setibanya di Riau, rombongan kirab Obor Asian Games akan langsung melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Siak. Disana, obor akan diarakan ke sejumlah tempat menarik dan situs budaya, salah satunya Istana Siak.

Pada keesokan harinya, Obor Api Asian Games akan kembali ke Pekanbaru untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Sumatera Barat.

Pemerintah Provinsi Riau memastikan persiapan penyambutan Obor Asian Games telah 100 persen. Polda Riau juga menyatakan telah mengerahkan lebih dari 700 personel untuk melakukan pengamanan selama kirab berlangsung di Riau.

Riau merupakan jalur ke-27 yang dilewati api obor Asian Games setelah start pada 15 Juli 2018 dari Delhi India, dan pada jalur ke-18 masuk provinsi di Indonesia. (**)