BBKSDA Riau Evakuasi Macan Dahan yang Terjebak di Rumah warga

macan-dahan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tim Rescue Bidang KSDA Wilayah l Balai Besar KSDA Riau mengevakuasi seekor macan dahan (Neofelis Nebulosa) yang terjebak di kolong rumah warga di Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu, Jumat, 20 Juli 2018.

Juru Bicara Balai BKSDA Riau Dian Indriati menjelaskan, sekira Pukul 11.00 wib Tim evakuasi tiba di lokasi lalu melakukan koordinasi dengan aparat terkait dan Pusat Konservasi Hariamau Sumatera ( PKHS) untuk mengambil tindakan yang diperlukan demi keselamatan bersama termasuk keselamatan satwa yang dilindungi berdasarkan UU No. 5 Tahun 1990 tersebut. 

"Pengamanan lokasi serta pengendalian massa adalah langkah awal yang dilakukan Tim bersama dengan PKHS dan aparat setempat termasuk Polsek Rengat, Camat Rengat serta Koramil," katanya, Sabtu, 21 Juli 2018.


Selanjutnya kata Dian, Tim bersama sama melakukan pemantauan situasi satwa. Untuk mengantisipasi satwa tidak panik dan dikhawatirkan lari, tim melakukan penutupan kolong rumah serta memasang kandang perangkap.


"Tim evakuasi juga menghubungi tim bius Balai Besar KSDA Riau, untuk mengantisipasi bila sampai dengan malam Macan dahan tersebut belum bergerak dari posisinya.," ujarnya.

Setelah menunggu sekian lama Dian menambahkan, akhirnya pada pukul 19.00 Wib, Macan dahan masuk ke kandang jebakan yang di pasang oleh tim.

Satwa langka tersebut kemudian diamankan di kantor Bidang Wilayah l sebelum akhirnya diangkut untuk di lakukan observasi lebih lanjut di kandang Transit Satwa Balai Besar KSDA Riau.

"Setelah dilakukan observasi rencananya akan diambil tindakan konservasi selanjutnya demi kelestarian satwa langka tersebut," tukasnya.