Ini Dia Sederet Jet Tempur Canggih Penjaga Langit Indonesia

Jet-tempur-pantau-titik-api.jpg
(Lanud Roesmin Nurjadin)

 

RIAU ONLINE - Untuk melindungi keamanan, sebuah negara harus memiliki peralatan canggih, termasuk Indonesia. Salah satunya jet tempur, yang berkekuatan melebihi pesawat pada umumnya. Jet tempur didesain untuk bertempur di udara. Kini, Indonesia sudah memiliki beberapa jet tempur canggih.

Berikut sederet jet tempur canggih yang dimiliki Indonesia, seperti dilansir dari Merdeka.com, Kamis, 19 Juli 2018.

1. Pesawat Sukhoi SU-35 dari Rusia

Indonesia memiliki pesawat Sukhoi SU-35 dari Rusia. Rencananya, pesawat Sukhoi SU-35 yang sudah dilengkapi senjata ini akan tiba di tanah air mulai Oktober 2018. Sukhoi SU-35 akan diperuntukkan sebagai pengganti pesawat tempur F-5 Tiger TNI AU.

Merdeka.com

Pesawat Sukhoi SU-35 ini dilengkapi dengan dua penampil kristal cair (liquid crystal display atau LCD) guna memberikan semua informasi yang dibutuhkan pilot dalam format picture in picture.

Sukhoi SU-35 menandingi F-15 Eagle produksi McDonnel Douglas, AS dan F-16 Fighting Falcon produksi General Dynamics, AS, pesawat ini dimasukkan dalam dalam generasi 4++. Jet tempur Su-35 ini dianggap sebagai lawan setanding jet tempur generasi kelima buatan Lockheed Martin (AS), F-22 Raptor.

2. Hawk 209


Hawk 209 adalah pesawat jet buatan Hawker-Siddeley. Hawk Mk 209 yang dimiliki TNI AU ini berfungsi sebagai pesawat jet latih untuk pesawat tempur generasi 4. Adapun jet tempur generasi 4 diantaranya seperti F-15, F-16 dan lain sebagainya.

Merdeka.com

Pertama kali TNI-AU membeli pesawat ini pada tahun 1997. Hawk Mk 209 merupakan varian single seater dari keluarga Hawk. Pesawat jet ini dikhususkan untuk mengemban misi air superiority dan ground attack.

3. F-16 Fighting Falcon

F-16 Fighting Falcon adalah jet tempur multi-perasn supersonik yang dikembangkan General Dynamics, lalu di akuisisi oleh Lockheed Martin, di Amerika Serikat.

Merdeka.com

F-16 mampu digunakan untuk segala misi sehingga sangat sukses di pasar ekspor dan digunakan di 24 negara selain Amerika Serikat.

Pesawat ini sangat popular di mata international dan telah digunakan oleh 25 angkatan udara. F-16 merupakan proyek pesawat tempur Barat yang paling besar dan signifikan, dengan sekitar 4000 F-16 sudah di produksi sejak 1976.

Pesawat ini sudah tidak diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, tapi masih diproduksi untuk ekspor.

4. F-5E Tiger II

F-5E/F Tiger II merupakan bagian dari pesawat supersonik ringan yang dirancang dan diproduksi Northrop, di Amerika Serikat, sejak tahun 1960-an. atusan pesawat ini masih dipakai oleh berbagai angkatan udara di dunia sampai abad ke-21.

Merdeka.com

Pesawat ini juga menjadi dasar untuk pengembangan beberapa pesawat lainnya. Produksi pesawat F-5A dan F-5E berakhir pada tahun 1972 dan 1987.

F-5E Tiger II, juga banyak digunakan oleh negara sekutu Amerika Serikat, dan di Amerika Serikat sendiri dipakai sebagai pesawat latih tempur. Jumlah Tiger II yang diproduksi sampai tahun 1987 mencapai 1400 buah. Pesawat F-5 yang masih dipakai sampai tahun 1990-an dan 2000-an telah melalui banyak modifikasi pembaruan.