Belasan Jet Tempur Latihan Gabungan di Langit Rokan Hulu

Jet-tempur-pantau-titik-api.jpg
(Lanud Roesmin Nurjadin)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) I dijadwalkan akan menggelar latihan tempur gabungan dengan sandi Jalak Sakti 2018 di langit Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau 19-20 Juli 2018.

Latihan Jalak Sakti 2018 merupakan latihan puncak Koops I. Seluruh pangkalan udara akan mengerahkan alat utama sistem persenjataan di latihan tersebut.

Kepala Penerangan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Mayor Rindar di Pekanbaru, menjelaskan dalam latihan tersebut nantinya Alutsista unggulan angkatan udara seperti jet tempur F16 Fighting Falcon, Hawk 100/200, Helikopter Super Puma hingga Hercules akan melakukan sejumlah manuver sebagai bagian dari latihan tempur.

Selain melakukan manuver yang kerap membuat decak kagum, latihan tersebut juga akan memamerkan kemampuan prajurit TNI AU dalam melakukan demo pembebasan sandera, perebutan pangkalan militer hingga search and rescue (SAR).

Dalam latihan tersebut, lanjutnya, Koopsau I juga akan mempertunjukkan kemampuan ratusan prajurit Paskhas atau pasukan elit TNI AU dalam melakukan terjun payung dari empat unit Hercules.


Sementara pada Jumat, 20 Juli 2018, latihan tersebut akan disempurnakan kegiatan bantuan sosial berupa pengobatan gratis kepada masyarakat.

"Kami mengundang masyarakat untuk melihat langsung atraksi manuver jet tempur, penerjun payung, atraksi tempur dan diakhir kegiatan sosial," jelasnya.

Lebih jauh, dia menjelaskan segala persiapan telah dilakukan menjelang latihan puncak tersebut. Bahkan, Asisten Operasi Koopsau I Kolonel Pnb Arifin Sjahrir telah meninjau langsung persiapan tersebut.

Latihan Jalak Sakti merupakan salah satu latihan rutin yang digelar oleh Koopsau I setiap tahun. (**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id