Bawaslu Kawal 4 Pemungutan Suara Ulang Pilgubri

Bawaslu-ke-TPSU.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) langsung terjun ke lapangan guna mengawal berjalannya beberapa Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara Ulang (TPSU) di beberapa daerah di Riau.

Disebutkan Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, ada empat TPSU yang dikawal oleh pihaknya pada Sabtu, 30 Juni 2018, yakni TPS 1 Desa Gajah Bertalut Kecamatan Kampar Kiri Hulu, TPS 3 Desa Bunga Raya Kecamatan Bunga Raya, TPS 13 Kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur, dan TPS 05 Desa Pekan Tebih Rohul.

Pada kunjungannya ke Desa Gajah Bertalut, Ketua Bawaslu Riau didampingi Ketua Panwaslu Kabupaten Kampar, Marhaliman beserta anggotanya tiba di TPS 01 sekitar pukul 11.00 WIB.

Kehadiran Ketua Bawaslu dan rombongan di desa tersebut membuat kaget masyarakat desa dan TPS 01.


Terlihat juga salah satu anggota KPU Kabupaten Kampar, Sardalis selaku Koordinator Logistik Kabupaten Kampar di Desa Gajah Bertalut untuk melakukan supervisi saat perhitungan surat suara.

Hingga pukul 1 siang atau waktu pencoblosan selesai, jumlah pemilih yang telah datang dan menggunakan hak pilihnya sebanyak 189 orang dari total DPT sebanyak 293 orang.

Rusidi Rusdan menyampaikan, pemungutan surat suara ulang di Desa Gajah Bertalut disebabkan jumlah surat suara pada 27 Juni 2018, hanya diterima sebanyak 63 surat suara dari KPU Kabupaten Kampar.

"Saat ini Bawaslu bersama Panwaslu Kabupaten Kampar, sedang memproses masalah tersebut, apabila terbukti terdapat kesalahan yang disengaja, Bawaslu akan bertindak tegas," tambahnya.

Selain itu, Rusidi bersama rombongan yang hadir juga ikut menyaksikan jalannya perhitungan surat suara di TPS tersebut hingga selesai.

Selain adanya PSU Pilgubri, ada pula pelaksanaan PSU untuk pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Indragiri Hilir, yakni di TPS 1 Desa Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka.