H-2 Lebaran, Bandara SSK II Malah Sepi Pemudik

lojakan-penumpang-bandara-SSK-II.jpg
(Azhar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - General Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (SSK II), Jaya Tahoma Sirait mengatakan bahwa semakin mendekati lebaran Idul Fitri 1439 H, bandara yang kini dikelolanya itu justru malah tidak menunjukkan terjadinya puncak lonjakan arus mudik angkutan udara.

"Sepertinya puncak mudik sudah berlalu. Menurut data dari total penumpang domestik yang kami terima bahwa untuk yang tertinggi terjadi pada tanggal 9 Juni 2018 (H-6)," katanya, Rabu, 13 juni 2018.

Tambahnya, data ini dibuktikan dengan merosotnya jumlah penumpang di H-2 atau pada hari Rabu, 13 Juni 2018 jelang lebaran Idul Fitri.

"Untuk H-2 kami prediksikan di bandara atau untuk hari ini hanya sekitar 13.950 orang yang datang dan pergi," jelasnya.


Sementara untuk angka puncaknya berada di angka 14.511 orang menyusul satu hari sesudahnya sebanyak 14.615 penumpang yang datang dan pergi.

Baca Juga H-2 Lebaran, Puncak Lonjakan Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru

Padahal, dirinya memprediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada H-2 lebaran dengan angka mencapai 15 ribu orang.

"Untuk lonjakan penumpang arus mudik kami perkirakan terjadi H-2. Itu bisa sampai 15 ribu penumpang yang datang maupun berangkat," katanya di Bandara SSK II, Selasa, 12 Juni 2018.

Tambahnya, kondisi seperti itu telah dimulai dari beberapa waktu yang lalu dimana H-4 lebaran lonjakan terjadi pada posisi 12.3 persen.

"Juga kami perkirakan hingga akhir musim mudik mendatang meningkatnya jumlah pemudik berada diangka 14 persen," pungkasnya.