Ini Dia Gebrakan Baru Dansatgas Cegah Karhutla di Riau

Dansatgas-Sonny-Aprianto.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah menggantikan jabatan Edy Nasution sebagai komandan satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Riau serta Danrem 031/Wirabima, Brigadir Jenderal Inf Sonny Aprianto langsung membuat gebrakan baru.

Sonny mengatakan telah menyiapkan trik khusus agar karhutla di Riau dapat ditangani dengan cepat dan tepat, apalagi sebentar lagi akan memasuki Asian Games pada Agustus mendatang.

"Saya sudah menyiapkan pola baru untuk mencegah karhutla di Riau ini," katanya di Menara Lancang Kuning lantai 8, Senin, 28 Mei 2018.

Pola baru itu ialah dengan menempatkan prajurit-prajurit terbaik mereka pada daerah rawan karhutla baik di tempat yang mudah dijangkau ataupun yang sulit didatangi oleh tim satgas darat sekalipun.

Baca Juga Status Siaga Karhutla Riau Resmi Diperpanjang

"Dimana titik-titik yang rawan itu akan saya kirimkan pasukan dan akan buat tenda. Pasukan saya di sana akan mendekat dan menetap," tegasnya.


Seperti yang dikatakan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, daerah rawan karhutla adalah Kabupaten Meranti, Bengkalis sampai Inderagiri Hulu.

"Berdasarkan rapat evaluasi satgas kemarin bahwa daerah yang terluas terjadi karhutla ialah Kabupaten Meranti dengan luasan yang terbakar 896.61 hektare, Bengkalis 345.5 hektare dan Inderagiri Hulu 128.5 hektare dengan total 1870.96 hektare," imbuhnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id