Deteksi Dini Karhutla, RAPP Siagakan Personil Dirikan Tenda Siaga di Hutan

Personil-Pemadam-Kebakaran-RAPP.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mengerahkan para personil dan peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke sejumlah lokasi di estate, khususnya area bergambut.

Langkah deteksi dini dilakukan menghadapi mulai masuknya musim kering periode Mei hingga Oktober 2018. Perusahaan subsidiari APRIL Group ini juga mendirikan sebanyak 20 tenda siaga di sejumlah titik rawan kebakaran dan perbatasan konsesi.

Personil Pemadam Kebakaran RAPP3Personil Pemadam Kebakaran (Fire Fighter) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), bagian dari APRIL Group, sedang memeriksa kesiapan peralatan pemadam sebelum berangkat ke lapangan. (ISTIMEWA)

Fire and Aviation Manager RAPP, Yuneldi mengatakan masing-masing tenda dilengkapi 5 personil dan peralatan pemadam.


Personil Pemadam Kebakaran RAPP4Menghadapi musim kering tahun 2018 ini, personil pemadam kebakaran (Fire Fighter) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), bagian dari APRIL Group, bersiap untuk turun ke lokasi, terutama di kawasan gambut di Riau. (ISTIMEWA)

"Kita tidak mau lagi ada kebakaran, target kita zero fire. Untuk itu personil langsung dikerahkan untuk mandah. CCTV kita juga sudah dipasang di lokasi, termasuk ruang monitor di setiap estate dan sekarang lagi persiapan ruang monitor CCTV keseluruhan di posko, Pangkalan Kerinci," ujar Yuneldi Rabu, 16 Mei 2018.

Personil Pemadam Kebakaran RAPP5Personil pemadam kebakaran (Fire Fighter) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), mempersiapkan diri dan peralatan pemadam untuk di bawa ke lokasi estate, terutama di daerah gambut. (ISTIMEWA)

Yuneldi menambahkan, personil firefighter RAPP, terus berpatroli setiap hari dengan melibatkan BKO TNI/ Polri dan masyarakat. Meski kondisi cuaca masih tergolong terkendali berdasarkan Fire Danger Rating (FDR), pihaknya tetap waspada sampai situasi benar-benar dinyatakan aman.

Personil Pemadam Kebakaran RAPP2Latihan tim Pemadam Kebakaran (Fire Fighter) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bagian dari APRIL Group, dalam mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla), di Pangkalan Kerinci. (ISTIMEWA)

Tidak itu saja, RAPP saat ini juga menambah sebanyak 7 unit stasiun cuaca lagi dari 29 unit yang sudah terpasang di setiap estate. Stasiun cuaca bernama Davis ini berfungsi untuk memantau kelembaban, panas dan cuaca, secara online dari mana saja.