Inilah Kombes Pol Rudi, Polantas yang Tembak 3 Teroris Hingga Tewas

Kombes-Pol-Rudi-Syarifuddin.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Empat teroris yang menyerang Mapolda Riau dilumpuhkan dengan timah panas serta terkapar tak bernyawa di halaman Mapolda Riau, Rabu, 16 Mei 2018, pukul 09.05 WIB. 

Dari keempat teroris yang mati tersebut, tiga di antaranya dilumpuhkan oleh satu orang polisi. Istimewanya, polisi yang melumpuhkan ketiga teroris ini seorang perwira menengah (Pamen) berpangkat Komisaris Polisi (Kombes) dan jabatannya orang nomor satu di Direktorat Lalulintas (Ditlantas). 

Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Kombes Pol Rudi Syarifuddin, demikian nama Dirlantas Polda Riau yang menembak mati tiga teroris saat berusaha menyerang dan kabur dari Mapolda Riau. 

Baca Juga: 

Tembak Mati Teroris, Kapolri Naikkan Pangkat Personel Polda Riau

Kelompok Teroris dari Dumai Serang Mapolda Riau, Ini Nama-namanya...

Hari ini, Kombes Rudi Syarifuddin dan seorang anggota Provost, Brigadir Kepala (Bripka) JB Panjaitan, Kamis, 17 Mei 2018, mendapat penghargaan berupa Kenaikan Pangkat Luar Biasa diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, di Mapolda Riau. 

"Kombes Rudi, beliau Dirlantas berhasil tembak mati tiga tersangka (teroris) sekaligus," kata Kapolri. 

 


Ia ingin memberikan penghargaan berupa kenaikan kepada Kombes Rudi Syarifudin menjadi bintang satu atau Brigadir Jenderal Polisi. 

Namun, saat ini belum tersedia jabatan bagi bintang satu, sehingga untuk sementara Kombes Rudi menerima pin emas. "Saya inginnya KPLB tapi karena ruang jabatan belum tersedia untuk bintang satu, sementara kita berikan pin emas," kata Kapolri beralasan. 

Klik Juga: 

Benarkah JAD Dibalik Serangan Berdarah ke Mapolda Riau?

Inilah Donatur Terduga Teroris Asal Pekanbaru yang Dibekuk di Sumsel

Kombes Rudi Syarifudin saat kejadian berhasil menembak mati tiga dari empat tersangka teroris sekaligus. Sementara Brigadir Kepala JB Panjaitan memperoleh kenaikan pangkat menjadi Ajun Inspektur Dua (Aipda) merupakan anggota PS Hartip II Provost Polda Riau.

 "Brigadir Panjaitan saat itu sedang jaga, berani ambil langkah. Kemudian satu tersangka berhasil ditemba mati. Maka saya berikan juga penghargaan KPLB dari Brigadir menjadi Ajun Inspektur Dua," jelas Kapolri.

Selain dua personel berprestasi di atas, Kapolri juga memberikan penghargaan KPLB kepada dua personel yang terluka dalam insiden serangan tersebut.

 

Dalam insiden serangan teroris, Rabu pagi, 16 Mei 2018, JB Panjaitan biasa bertugas jaga di lobi Mapolda Riau menembak mati seorang tersangka.

 

Kompol Farid Abdullah, personel Bidkum Polda Riau mengalami luka pada bagian belakang kepala memperoleh kenaikan pangkat menjadi AKBP. Kemudian Brigadir John Hendrik, anggota Propam Polda Riau, menerima kenaikan pangkat menjadi Aipda.

Sementara anggota Polda Riau Haji Ipda Auzar yang gugur dalam insiden serangan teroris tersebut terlebih dahulu menerima kenaikan pangkat menjadi Iptu Luar Biasa Anumerta Auzar.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id