Hari Ini, Belasan Sampan Hias Akan Meriahkan Balimau Kasai 2018

Sampan-hias-balimau-kasai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BANGKINANG - Sejumlah sampan hias akan ikut memeriahkan iven Balimau Kasai 2018 yang dipusatkan di Desa Batu Belah Kecamatan Kampar, Rabu, 16 Mei 2018. Dijadwalkan sampan yang sudah didesain sedemikian rupa akan pawai di dalam Sungai Kampar dari Desa Muara Uwai, Kecamatan Bangkinang menuju finish di Desa Batu Belah.

Dari pantuan di Tepian Sungai Desa Muara Uwai, belasan sampan hias terlihat berjejer dengan tema dan desain masing-masing, Rabu, 16 Mei pagi. Ada yang mengusung tema replika masjid, tangan raksasa hingga replika Benteng Tujuh Lapis yang terdapat di Rokan Hulu, lengkap dengan patung kuda.

Selain diikuti oleh kelompok masyarakat, pawai sampan hias juga diikuti oleh sejumlah instansi diantaranya KPU Kampar.

Salah seorang arsitek sampan hias, Samdanil mengaku proses pembuatan sampan hias memakan waktu lebih kurang seminggu dan memakan biaya hingga jutaan rupiah.

"Proses pembuatan ornamennya lebih kurang seminggu, di sini (tepian sungai) tinggal merakitnya saja, degan melibatkan 10 orang kru, kita menampilkan replika masjid seperti astaka MTQ di Pekanbaru beberapa waktu lalu," ujar Pemuda asal Desa Batu Belah, Kecamatan Kampar ini.


Samdanil memaparkan, sampan hias yang di desainnya mengusung tema replika masjid yang menjadi Astaka MTQ di Pekanbaru beberapa waktu lalu, yang menurutnya memiliki bentuk yang khas.

"Sehingga kami dari dusun IV yakin melalui tema ini dusun kami bisa juara, dan merebut hadiah 8 juta rupiah yang sudah disediakan panitia," ujarnya optimis. (*)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id