Perjuangan Kartini Patut Jadi Motivasi untuk Perempuan di Inhil

Peringatan-Hari-Kartini-Tahun-2018.jpg

Laporan: MUHAMMAD FAISAL

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Perjuangan RA Kartini dalam mengangkat derajat kaum hawa di tanah air harus disyukuri dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terlebih lagi bagi setiap kaum perempuan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Hal ini disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil H Said Syarifuddin SE MP MSn saat menghadiri puncak Peringatan Hari Kartini Ke-139, Sabtu, 21 April 2018.

"Dengan adanya Peringatan Hari Kartini yang biasa digelar setiap tanggal 21 April ini, kita bisa mengenang seorang tokoh wanita penting yang telah memperjuangkan hak kaum wanita di Indonesia. Perjuangan Kartini patut untuk dijadikan motivasi bagi kaum wanita untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya, serta berkiprah di berbagai bidang," ujarnya.

Ia melanjutkan, Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita. Memperjuangkan kesamaan hak antara wanita dengan pria dalam berbagai hal, salah satunya hak dalam pendidikan.


"Perjuangan Kartini pada zamannya memang patut kita apresiasi. Dia memiliki semangat yang tinggi dan cita-cita yang luhur untuk memajukan kaum wanita di Indonesia, meskipun harus merubah budaya yang telah mengakar kuat pada masa itu, yakni budaya yang menyebabkan kaum wanita sulit untuk mengenyam pendidikan," urai Said.

Puncak Peringatan Hari Kartini Tahun 2018, Sabtu 21 April 2018 kali ini mengangkat tema "Nyalakan Pelita Kebudayaan, Terangkan Cita-cita Pendidikan."

Acara ini ditaja oleh Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) bekerjasama dengan seluruh organisasi wanita Kabupaten Inhil.

Bertempat di Aula Gedung Wanita Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Inhil Hj Sy Rohana Syarifuddin, Unsur Forkopimda Inhil, Ketua Organisasi-organisasi Wanita Inhil beserta anggota, dan para undangan.

Peringatan kali ini dimeriahkan dengan lomba tari kreasi oleh murid TK/ PAUD dan lomba menyanyi solo tingkat SMP/ sederajat yang telah dilaksanakan pada Kamis, 19 April 2018.

Kegiatan ditutup dengan penampilan tari kreasi dan menyanyi solo oleh para pemenang lomba. Penonton yang hadir memberi semangat dengan bertepuk tangan serta bersorak. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id