Kunjungi Rantau Bais, Andi Rachman Janjikan Pemekaran

Kampanye-Andi-Rachman-di-Rohil.jpg
(Istimewa)

Laporan : HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, ROHIL - Cagub Riau nomor empat Arsyadjuliandi Rachman menilai kepenghuluan Rantau Bais sudah selayaknya dimekarkan karena memiliki potensi yang cukup besar.

"Rantau Bais punya alam yang indah. Adat dan kebudayaan Melayunya juga terjaga. Sehingga Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga sudah menetapkan Rantau Bais menjadi desa wisata," ungkap Andi Rachman, saat menggelar kampanye dialogis masyarakat Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Rohil, Selasa, 3 April 2018.

Selain itu, Festival Pulau Tilan yang dilaksanakan rutin setiap tahun bahkan sudah masuk dalam Kandar ivent Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

"Pemekaran ini juga untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Selain itu, Rantau Bais ini merupakan gerbang Rohil yang berbatasan dengan Dumai," tambah Andi Rachman.

Untuk itu, Andi Rachman berjanji akan mewujudkan Kecamatan Rantau Bais Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) pada 2018 ini.

"InsyaAllah, setelah saya selesai cuti kampanye, masalah administrasi pemenuhan prosedur pemekaran kecamatan ini akan saya selesaikan," ujarnya.


Kebetulan, dalam kampanye tersebut dihadiri pula oleh anggota DPRD Riau Karmila Sari, sehingga Andi Rachman langsung meminta agar mengkoordinasikan hal tersebut dengan Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Riau.

"Kalau bisa segera turun ke lapangan untuk mencari solusi agar pemekaran ini bisa segera terwujud dalam tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, Karmila Sari yang merupakan anggota DPRD Dapil Rohil mengatakan pihaknya akan terus mengawal dan mengingatkan Pemerintah Provinsi Riau untuk segera merealisasikan pemekaran kecamatan ini.

"Komitmen pak Andi sudah kita dapat. Apalagi kalau bapak bapak dan ibu ibu memilih beliau menjadi gubernur lagi. InsyaAllah pemekaran ini bisa segera terealisasi," ujarnya.

Menurut Karmila, saat ini, Kecamatan Tanah Putih ada 18 kepenghuluan. Jadi, sudah layak untuk dimekarkan. Kalaupun harus memenuhi persyaratan satu kecamatan 10 desa, tinggal memekarkan desa desa besar.

Karmila menambahkan calon wakil gubernur Riau nomor 4 Suyatno juga Bupati Rokan Hilir non aktif. Artinya jika pasangan nomor 4 ini menang, pemekaran Rantau Bais jadi lebih mudah.

"Tidak itu saja. Anggaran pembangunan dari provinsi untuk Rohil juga menjadi lebih banyak lagi," tutupnya. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id