Jangan Lewatkan! Besok, Nobar Film Asimetris Serentak di 27 Kota

Ekspedisi-Indonesia-Biru-Asimetris.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Nonton bareng (nobar) film Asimetris bakal dilaksanakan serentak di 27 kota se-Indonesia pada Selasa, 13 Maret 2018 besok. Salah satu lokasi pemutaran film garapan Rumah Produksi Watchdoc-Ekspedisi Indonesia Biru ini adalah di Pekanbaru.

Tepatnya di Auditorium Sutan Balia FISIP UR pada pukul 09.00 WIB. Fakhrurrodzi Baidi dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru selaku penyelenggara menerangkan bahwa film ini bisa disaksikan oleh siapapun tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Karena nobar ini nantinya akan diselenggarakan di kampus milik Universitas Riau (UR) maka kami akan menghadirkan pembicara dari Wakil Dekan III FISIP UR, Suyanto dan Ketua AJI Pekanbaru, Firman Agus," jelasnya.

Film dengan durasi 68 menit ini bercerita banyak tentang dampak industri perkebunan dari pulau Sumatera hingga Papua yang konon merupakan penghasil devisa terbesar bagi bangsa ini.

"Salah satu sorotan yang kami tujukan adalah kepada industri perkebunan kelapa sawit yang luasnya kini mencapai 11 juta hektar atau hampir setara dengan luasan pulau Jawa," kata salah satu produser film Asimetris, Dandhy Laksono melalui sinopsis yang diterima oleh RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 12 Maret 2018.

Selain itu, mereka juga turut menyugukan dan ingin mengajak masuk lebih dalam bagaimana fenomena dan dampak industri perkebunan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.


"Tidak hanya itu, film ini juga turut menyuguhkan bagaimana pengaruh industri dalam pemerintahan, aparat keamanan, kalangan media bahkan terhadap diri kita dari kamar mandi, dapur, sampai kendaraan,"imbuhnya.

Dandhy memulai filmnya dengan menampilkan perjalanan panjang yang ditempuh sejauh 14.000 kilometer menggunakan sepeda motor bersama satu videografernya, Suparta Arz.

Aksi mereka tepat berada saat tragedi kabut asap di Kalimantan serta mencari tahu dan merekam apa yang menjadi penyebab bencana lingkungan yang berdampak pada puluhan juta korban jiwa itu.

Selain itu, film ini juga turut memaparkan bagaimana dukungan dari lembaga keuangan global dan siapa yang sesungguhnya paling diuntungkan selain dari jutaan rakyat Indonesia yang turut menggantungkan hidup dari industri perkebunan.

Bagi warga Pekanbaru, jangan lewatkan untuk nonton bareng film berkualitas ini. Acara nonton bareng ini juga akan diikuti sang sutradara, Dandhy Laksono untuk bisa berkomunikasi dengan para peserta dengan media teleconference.

Ayo ramai-ramai saksikan dan siapkan diri kerena film ini akan diputar di Auditorium Sutan Balia FISIP UR, Selasa, 13 Maret 2018 pukul 09.00 WIB, gratis. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id