Majukan Produk Unggulan, Kampar Jalin Kerjasama dengan Perusahan Nasional

Wabup-Kamparhadiri-Program-Unggulan-Kawasan-Pedesaan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BANGKINANG KOTA - Untuk memajukan produk unggulan kawasan pedesaan, Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Kementerian Desa,
Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI melakukan Penandatangan Monerendum of Undestanding (MoU) dengan beberapa Perusahaan Swasta Nasional yang handal di bidangnya.

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar Sabaruddin, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 9 Maret 2018.

Kerjasama tersebut, lanjutnya, dilakukan dengan perusahan yang bergerak di bidang pertanian dan perternakan. Ia juga menegaskan kerjasama ini sebagai pendorong Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan guna memberdayakan masyarakat.

Dikatakan Sabaruddin, bahwa berdasarkan hasil rapat yang dilaksanakan antara pihak swasta Nasional dengan beberapa daerah se Indonesia bertempat di Kementerian Desa Republik Indonesia di Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018. Realisasi Penandatangan Naskah Kerja Sama ini, Pemerintah Kabupaten Kampar dilakukan oleh Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

"Setidaknya ada tiga produk unggulan kawasan Pedesaan yang akan MoU-nya akan ditandatangani Pemerintah Kabupaten Kampar dengan Perusahaan Swasta Nasional, antara lain pertanian untuk komoditi buah-buahan nenas dan jeruk, Pemerintah Kabupaten Kampar akan menandatanganan naskah kerjasama dengan PT Fruit Ing, kedua Mou dengan PT Haqi Putra dalam bidang peternakan dan holtikultura, di bidang komoditi sapi dan kerbau serta jagung, Pemerintah Kabupaten Kampar akan melakukan penandatanganan MoU dengan PT HQ Copora Putra, dan ketiga bidang perkebunan akan ditandatangani naskah kerjasama dengan pihak PT Sinar Mas," jelasnya.

Ditambahkan Sabaruddin, Kabupaten Kampar beserta 79 kabupaten lainnya di Indonesia terpilih untuk bekerjasama dengan pihak swasta nasioanl dalam pengembangan Prukades.


"Hal ini patut diapresiasi karena hanya 79 kabupaten yangg terpilih dari 524 kabupaten yg ada di seluruh indonesia," kata Sabar.

Prukades ini, lanjutnya, dijadikan program unggulan untuk ditetapkan pengembangan potensi di masing-masing wilayahnya. Juga merupakan wujud kepedulian pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru dengan produk unggulan desa, ini sesuai dengan visi dan misi Pemkab Kampar di bawah kepemimpinan Azis Zaenal dan Catur Sugeng Susanto.

Sementara, Bupati Kampar Azis Zaenal pada saat yang bersamaan tengah mengambil cuti kampanye salah satu pasangan calon Gubernur Riau dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah Serentak, yaitu Pemilihan Gubernur Riau tahun 2018. (*)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id