Begini Tips Sukses Bersaing di Dunia Kerja dari Menaker

Menteri-Hanif2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pasar dunia kerja yang saat ini begitu ketat membuat Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri membuka jalan dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini.

Selain dibutuhkan jejang pendidikan, kemampuan serta kreatifitas juga menjadi faktor pendukung untuk membatu seorang meraih pekerjaan yang diinginkannya. Selain itu, dengan kreatifitas pekerjaan akan datang dengan sendirinya.

"Di luar sana persaingan semakin ketat. Semuanya terjadi persaingan. Negara antar negara, provinsi antar provinsi. Kalau berbuat hanya biasa saja tentu hasilnya juga biasa. Coba ikuti tips yang saya berikan ini," katanya di hotel Pangeran, Selasa, 27 Februari 2018.

Tips pertama, disampaikannya ialah dapat keluar dari zona nyaman. Ini penting, menurutnya, ketika seseorang telah lama berada di zona nyaman, ide dan kreatifitas tak akan muncul.


"Keluarlah dari rutinitas. Ciptakan hal baru. Karena rutinitas itu saya anggap sesuatu hal yang nyaman. Orang seperti itu nantinya tidak akan kreatif," imbuhnya.

Kemudian yang kedua, lanjutnya, melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Dengan demikian, seseorang akan dapat melihat sesuatu permasalahan dengan cara yang berbeda pula.

"Kemudian kita melihat sesuatu hal itu dari sudut pandang yang berbeda. Rubah sudut pandang. Caranya dengan melihat dari ukuran orang lain," tanbahnya.

Terakhir, eksplor semua pikiran dan ciptakan impian. "Jadi, anak muda itu merupakan kominitas yang paling jago. Karena apa, karena anak muda itu berfikir tidak berada di dalam kotak. Itu beberapa tips kalau kita mau kratif dan inovatif," tutupnya.