Perbaikan Jalan Amblas Riau-Sumbar Diprediksi Selasai Sore Ini

Kondisi-ruas-jalan-yang-berlobang.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jalan lintas Riau-Sumatera Barat, via Kabupaten Kampar yang amblas sejak Rabu, 7 Februari 2018, sore diprediksi selesai diperbaiki Kamis, 8 Februari 2018 sore.

Hingga pagi ini, Pemerintah Kabupaten Kampar terus menggesa perbaikan salah satu jalur utama dua provinsi bertetangga tersebut.

"Sejak kemarin hingga pagi ini proses perbaikan terus dilakukan dengan menimbun badan jalan yang amblas," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar, Elbakhtisar kepada di Pekanbaru, Kamis, 8 Februari 2018.

Ia menuturkan satu alat berat terus bekerja menimbun badan jalan yang amblas akibat gerusan air pada gorong-gorong jalan tersebut.

Sementara proses perbaikan terus dilakukan, ia mengatakan Kepolisian dan Pemerintah setempat telah menyiapkan jalur alternatif guna menghindari penumpukan kendaraan.

Baca Juga Baru 4 Bulan Diperbaiki, Jalan Lintas Sumbar-Riau Retak Dan Berlobang

"Ada dua jalur alternatif yang disiapkan. Khusus untuk mobil truk besar dan mobil minibus serta sepeda motor," ujarnya.

Dia merincikan, khusus untuk kendaraan truk bertonase besar dialihkan melalui simpang TB, sementara mobil minibus serta sepeda motor dapat melintas melalui Pulau Jambu.

Dengan adanya pengalihan arus lalu lintas tersebut, dia mengatakan penumpukan kendaraan dapat terhindarkan. Hingga pagi ini, dia menjelaskan tidak terjadi penumpukan kendaraan di sekitar lokasi kejadian.

Lebih jauh, dengan adanya proses pengerjaan yang terus dikebut itu, dia memperkirakan Kamis sore nanti jalan Riau-Sumbar via Kuok, yang merupakan salah satu jalur utama lintas provinsi tersebut, sudah dapat dilalui.


"Insya Allah siang atau sore sudah bisa," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo mengatakan jalur Riau-Sumbar yang amblas hingga menyebabkan putus total tersebut terjadi di KM 70 tepatnya di Dusun Bukit Agung Desa Kuok.

Klik Juga Sempat Retak Dan Berlobang, Jalan Lintas Riau-Sumbar Putus Total

"Jalan tersebut sempat amblas beberapa bulan lalu. Hal ini sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan yang akan melewati jalur Lintas Barat ini," ujarnya.

Dia mengatakan sejak Rabu kemairn, personel Satlantas Polres Kampar bersama Polsek Bangkinang Barat dan Dishub Kampar telah berada dilokasi untuk melakukan pengaturan arus lalin dengan sistem buka tutup khusus bagi kendaraan pribadi, untuk kendaraan yang lebih besar seperti Bus dan Truk diarahkan melalui jalan alternatif.

Pengalihan arus untuk kendaraan roda empat yang dari arah Pekanbaru ke Sumbar diarahkan melewati daerah Bangkinang seberang tembus ke Rantau Berangin, dan untuk kendaraan dari Sumbar menuju Riau dialihkan dari Rantau Berangin melalui Simpang TB dan melewati Petapahan Kecamatan Tapung.

Bagi warga Kota Pekanbaru yang akan bepergian menuju Sumbar atau sebaliknya, disarankan untuk menunda dulu perjalanannya menjelang kondisi jalan kembali normal. Meski begitu, dia menuturkan bagi yang tetap bepergian dengan tujuan yang sama silahkan melalui jalur altenatif.
(**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id