Unilak Dorong Budaya Melayu Jadi Muatan Lokal pada Sekolah di Riau

Dr-Junaidi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 150 guru-guru Budaya Melayu yang ada di Provinsi Riau mengikuti Musyawarah Besar (Mubes) yang digelar Forum Guru Budaya Melayu Riau, Kamis, 14 Desember 2017, di Aula Gedung Pustaka Unilak.

Forum Guru Budaya Melayu Riau ini memiliki visi sebagai wadah komunikasi guru muatan lokal budaya Melayu Riau yang profesiona. Selain itu juga membawa misi menyeleggarakan pelatihan, pengajaran budaya Melayu Riau, melaksanakan pengajaran budaya Melayu dan menjalin kerjasama dengan stakeholders.

Ketua Panitia Mubes, Ahmad Ridhoan, mengatakan, mulai tahun 2018 mendatang, mata pelajaran Arab Melayu akan menjadi muatan lokal wajib mulai SD dan sederajat di Kota Pekanbaru. 

"Mata pelajaran Arab Melayu akan menjadi mata pelajaran muatan lokal wajib, Insya Alllah tahun 2018, di semeter dua sudah diberlakukan di semua sekolah SD dan MI di Pekanbaru," tutur Ridhoan.

Hadir dalam Mubes tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yose Riza, Wakil Rektor I Unilak Dr Junaidi, Dekan Fakulas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning (Unilak) Hermansyah, serta sekitar 150 guru-guru budaya Melayu yang ada di seluruh Riau.


Wakil Rektor I Unilak, Dr Junaidi berterima kasih kepada para guru telah menjadi mitra Unilak. "Saya berharap forum ini dapat terus bekerjasama dengan Unilak. Unilak punya Fakultas Ilmu Budaya dan Sastra Melayu," pintanya.

Keterikatan guru-guru dengan Unilak, tuturnya, sangat erat. Jadikan FIB Unilak rumah bagi para guru untuk membesarkan forum ini. Muatan lokal di Unilak, jelasnya, memberikan perhatian khusus budaya Melayu Riau. "Kita bersyukur forum ini bisa terbentuk," tuturnya. 

Sementara itu, Kadis Kebudayaan Provinsi Riau, Yose Rizal, mengatakan forum ini perlu mendorong pimpinan daerah menguatkan budaya Melayu di sekolah-sekolah.

"Masukan Bapak Ibu guru akan menjadi bahan masukan untuk mendapatkan pengakuan dari nasional maupun internasional. Sejak 2001 telah ada aturan tentang budaya Melayu di Riau, budaya Melayu merupakan pilar penting dan Visi Riau 2020," pungkasnya. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id