15 Pesawat Tempur F16 dan Hawk Latihan, Siap-siap Langit Pekanbaru Ramai

Pesawat-Tempur-F16.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tiga Skadron Udara (Skadud) terdiri dari dua skadron asal Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan satu skadron udara Lanud Supadio Pontianak, menggelar latihan gabungan "Mission Oriented Training (MOT) di Riau. 

 

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Age Wiraksono mengatakan, melalui latihan gabungan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan seluruh personel dan alat utama sistem persenjataan (alutsista)).

"Latihan gabungan ini melibatkan 15 pesawat tempur jenis F16 Fighting Falcon dah Hawk 100/200 digelar sejak awal pekan ini hingga 12 Desember 2017 mendatang," tutur Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Age Wiraksono, Selasa, 28 November 2017. 

 

Menurut Age, melalui latihan gabungan ini dijadikan bekal dan pengalaman serta meningkatkan pemahaman, kemampuan dalam bekerja sama antara penerbang yang mengoperasikan alutsista dengan Platform yang berbeda-beda. 

Sehingga, tuturnya, kemampuan personel semakin meningkat dan dapat melaksanakan operasi udara memiliki kompleksitas tinggi. Ia merincikan, tiga skadron udara terlibat dalam latihan ini terdiri dari Skadron Udara 12 dan 16 Lanud Roesmin Nurjadin serta Skadron Udara 1 Lanud Supadio.


"Lima pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12, lima pesawat F-16 dari Skadron Udara 16, kemudian lima pesawat Hawk 100/200 Skadron Udara 1, ditambah dengan satu buah Helikopter Puma TNI AU," rincinya. 

Selain itu, terdapat lebih kurang 350 personel terlibat dalam latihan ini, terdiri dari para penerbang (pilot), ground crew, personel GCI dari beberapa Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) hingga pendukung.

 

Danlanud menekankan kepada seluruh peserta latihan untuk selalu mengedepankan faktor keselamatan dan keamanan serta selalu melakukan cek dan re-check, agar seluruh rangkaian latihan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Lanud Roesmin Nurjadin merupakan satu-satunya pangkalan militer tipe A di Pulau Sumatera. Saat ini Lanud RSN memiliki dua skadron pesawat tempur sejalan dengan peningkatan status Lanud tersebut dari Tipe B menjadi Tipe A pada Agustus 2015 lalu. Dua Skadron itu adalah Skadron Udara Hawk 100/200, Skadron Udara F16 dan ditambah Skadron pemeliharaan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id