Besok, Presiden Jokowi Serahkan Penghargaan WTP untuk Siak

Syamsuar-terima-WTP.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: EFFENDI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dijadwalkan bakal menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Siak karena pengelolaan keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Kamis, 14 September 2017 besok.

Dijelaskan Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Siak, Wan Saiful Effendi, sesuai undangan yang diperoleh dari Kementerian Keuangan bahwa acara ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Baca ini: Kabupaten Siak 6 Kali Berturut-Turut Raih WTP

"Jika tidak ada halangan penyerahan penghargaan WTP itu langsung diberikan Presiden Jokowi. Acara ini diserangkaikan dengan Rakernas Akuntan dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2017," ucap Wan Saiful.

Diketahui, kata Wan Saiful, bahwa penghargaan ini dari ratusan kabupaten/kota se-Indonesia, hanya 38 yang akan menerima penghargaan di Istana Negara.


Sedangkan untuk di Provinsi Riau hanya dua kabupaten yang menerima. Yakni, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuansing.

"WTP yang diterima Siak dan Kuansing nantinya beda katagori. Siak masuk katagori Kota Besar lantaran APBD-nya lebih besar dari Kuansing," jelas Wan Saiful.

Siak Menerima WTP lantaran adanya penilain Kementerian Keuangan atas akuntabilitas keuangan dan transparansi yang dilakukan Pemerintah Siak. Selain itu konsistennya Kabupaten Siak dalam membenahi pengelolaan keuangan, sehingga enam kali berturut-turut menerima WTP.

Secara terpisah, Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, menyebutkan, Alhamdulillah dan bersyukur karena Siak sudah enam tahun berturut-turut mendapat WTP dan sejak itu memperoleh dana insentif daerah.

"Sebelumnya Siak juga pernah dapat dana insentif daerah dari pusat, besarannya ada Rp 7,5 miliar sampai Rp 22,5 miliar. Mudah-mudahan, harapan kita tahun depan bisa lebih besar lagi," ucap Syamsuar.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id