Di Waktu Kecil, Bupati Syamsuar Ingat Berbagai Lomba HUT Kemerdekaan

Bupati-Siak-Inspektur-Upacara.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK Momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia saban tahun diperingati tanggal 17 Agustus, identik dengan berbagai perlombaan di masyarakat.

Begitu pula dengan Bupati Siak, Syamsuar. Ia memiliki punya pengalaman seru saat lomba lantaran sering ikut pada lomba yang diadakan. "Dari kecil saya sudah ikut berbagai macam perlombaan, saya dulu paling sering main bola kaki, tenis meja, catur dan bulutangkis," tuturnya usai upacara.

Ada satu lomba tak pernah diikuti mantan Plt Bupati Kepulauan Meranti itu, antara lain panjat pinang. "Sayo tak pernah ikut itu do, takut sayo keno pijak-pijak, paling tarik tambang dan pacu gonilah," kata Bupati sambil berseloroh.

Bupati Siak, Syamsuar Salami Komandan Upacara

Diakuinya saat sekolah dulu dirinya tak pernah bertugas dalam upacara peringatan HUT RI. Menurutnya yang bertugas itu kan orang-orang pilihan, namun Bupati dua periode itu tetap memberikan semangat dan motivasi bagi para petugas upacara bendera tersebut.

Saat ditanya apa makna peringatan HUT RI bagi dirinya? Syamsuar mengatakan, kita harus banyak mengerti tentang arti perjuangan merebut kemerdekaan. Memperingati hari kemerdekaan tidak hanya sebatas gembira dalam menyambutnya, tetapi ada makna yang terkandung didalamnya.

Pertama lanjutnya, kita mendoakan arwah para pahlawan yang telah mendahului kita. Kedua, kita bisa mengenang jasa-jasa mereka yang telah berkorban merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Ketiga, yang terpenting adalah mereka bisa kita jadikan keteladanan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Penghargaan untuk Bayu Syahputra


Ditambahkan Syamsuar, terkait pemberian penghargaan tersebut adalah untuk memotivasi dan ucapan terima kasih atas prestasi yang mereka raih. Semangat inilah yang diharapkan, sehingga memacu anak-anak Siak dan masyarakat Siak untuk lebih giat lagi meraih prestasi.

Sementara Wakil Bupati Siak Alfedri, mengaku paling suka dengan lomba tarik tambang, karena mengajarkan semangat gotong-royong, kebersamaan dan solidaritas untuk bersatu mengalahkan lawan. Semua perlombaan pernah di ikutinya, tapi hanya panjat pinang yang tidak pernah ia ikuti.

Salami Tahanan Lapas Klas IIB Siak

“Beruntungnya kita masih memiliki kearifan lokal, ini harus di lestarikan, seperti perlombaan sempena peringatan HUT RI, tradisi ini jangan sampai hilang,” pinta Wabup.

Pada kesempatan itu Bupati memberikan penghargaan dan ucapan terimakasih sempena HUT ke-72 RI kepada 43 orang anak-anak Siak yang berprestasi, guru, organisasi, masyarakat, termasuk Puskesmas Kerinci Kanan yang berhasil masuk Top 99 award dari Kemenpan RB.

Foto Bersama dengan Anggota Paskibra

Salami Anggota Paskibra

Berikan Penghargaan Pelajar Berprestasi

INILAH Rana Hauna Hafizhah Pembawa Baki.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id