BNPB Tempatkan 3 Helikopter Anti Karhutla di Pekanbaru

Heli-Waterbombing-BNPB.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tiga unit helikopter water bombing milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah berada di Pekanbaru untuk melengkapi dua unit pesawat yang sebelumnya telah disiagakan.

Tiga helikopter itu di antaranya satu unit MI-171, MI-8 dan satu unit helikopter S-61 Sikorsky yang telah menambah dua buah helikopter MI-172 terdahulu.

Rencananya ketiga unit helikopter itu akan ditempatkan di Pekanbaru, Dumai dan Indragiri Hulu untuk memperkuat Satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Riau tahun 2017.

"Demi mengoptimalkan dan mendukung satgas karhutla, rencananya ketiga helikopter ini akan ditempatkan di tiga titik, yaitu Pekanbaru, Dumai dan bila diperlukan akan kita tempatkan di Japura," kata Kepala Badan Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Minggu, 28 Mei 2017.


Baca Juga: Puncak Kemarau Ramadan, Satgas Karhutla Atur Strategi Hadapi Mafia Hutan

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Kolonel Pnb Firman Dwi Cahyono mendukung penuh upaya dari BNPB itu. Pihaknya akan berkolaborasi dengan tambahan helikopter tersebut dan mengerahkan seluruh Alutsista yang dimiliki TNI AU.

"Tentunya Lanud Rsn mendukung penuh. Kami akan melibatkan seluruh alutsista yang ada, baik pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 maupun pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16. Juga ada heli Super Puma yang kini standby SAR di Lanud Rsn," katanya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline