Deklarasi AMSI di Dewan Pers, Stanley: Ini Jadi Bagian Verifikator Media Siber

Deklarasi-AMSI.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRUR RODZI)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo mengatakan, deklarasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) merupakan momen yang penting bagi dunia pers di tanah air.

Ia berharap, AMSI menjadi konstituen Dewan Pers (DP) untuk memverifikasi anggotanya, perusahaan media siber di Indonesia.

"Jadi bagian verifikator anggotanya. AMSI segera mendaftar ke DP, dan harus selektif dalam merekrut anggotanya," kata Yosep Adi Prasetyo, Selasa, 18 April 2017, di Hall Dewan Pers, Jakarta.

Stanley, panggilan akrab Yosep, menjelaskan, untuk menjadi konstituen DP, harus terbentuk kepengurusan di 15 cabang atau provinsi, dengan minimal 200 media siber telah bergabung.

DP memperkirakan jumlah media siber di Indonesia 43.300. Di sinilah perananan AMSI, membina anggotanya.

"Kami menyambut antusias deklarasi AMSI, jadikan ini momen untuk konstituen DP," jelas Stanley.

Ke depannya, ujarnya, bagaimana mengembangkan bisnis media siber, ada jurang jauh antara di Jakarta dengan daerah, lalu bagaimana kue iklan kumpul di Jakarta, dan daerah.


Baca Juga: Esok, Ratusan Media Siber Deklarasikan AMSI

"Perlu sharing iklan, antara Jakarta dengan daerah. Kita berharap muncul media sehat dari AMSI," pintanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Deklarasi AMSI, Ismoko, juga Pemred dream.co.id, mengatakan, anggota AMSI wajib berbadan hukum, alamat jelas, susunan redaksi tercantum, dan menjalankan aturan main diatur UU Pers, kode etik wartawan dan AD/ART AMSI.

"Hingga Senin malam, 17 April 2017, pukul 21.00 WIB, sudah mendaftar 170 lebih media siber dan tersebar lebih dari 15 provinsi, dari Sabang hingga Merauke," kata Ismoko.

AMSI didirikan oleh 26 pemimpin redkasi media siber nasional dan lokal. Satu di antaranya adalah Pemred RIAUONLINE.CO.ID, Fakhrurrodzi.

"Saya berharap, perusahaan media siber di Riau untuk bergabung di AMSI Riau," ajaknya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline