Bupati Siak Ziarah ke Makam Sultan Syarif Kasim II Jelang Kedatangan Panglima TNI

Bupati-Siak-Serahkan-Kartu-Asuransi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Fakhrur Rodzi)

Laporan: Effendi

RIAU ONLINE, SIAK - Jelang kedatangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Bupati Siak Syamsuar, melakukan ziarah ke makam Pahlawan Sultan Syarif Kasim bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa, 4 April 2017.

Usai melakukan ziarah ke makam Sultan Syarif Kasim yang merupakan Pahlawan Nasional itu, sore harinya Syamsuar juga melakukan ritual Sedekah Bumi atau syukuran yang merupakan tradisi petani padi sejak dahulu kala di Kecamatan Bungaraya.

"Sedakah bumi ini merupakan tradisi petani Bungaraya yang dilakukan sejak dahulu sebelum turun ke sawah," kata Syamsuar.

Syamsuar mengatakan, bahwa syukuran tersebut digelar sebelum mulai melakukan penanaman padi dengan membawa makanan masing-masing berupa nasi tumpang atau nasi kunyit.

Baca Juga: Esok, Panglima TNI Tanam Padi Di Siak Didampingi 4 Gubernur Di Sumatera

"Tujuannya untuk berdoa dan bersyukur kepada Allah agar padi yang akan ditanam nantinya bisa berhasil dan dijauhkan dari hama dan lain sebagainya," katanya.


Pada kesempatan itu, Syamsuar juga mengatakan, atas nama masyarakat Kabupaten Siak pihaknya sangat menyambut gembira dengan kedatangan Panglima Gatot bersama para jenderalnya.

"Kegiatan ini, adalah pertama diadakan, dan kegiatan ini langka. Karena itu, kami atas pemerintah Kabupaten Siak mengajak seluruh eleman bisa ikut serta mensukseskannya," ujarnya.

Klik Juga: Mentan Dan Panglima TNI 4 April Mendatang Akan Tanam Padi Di Siak

Apalagi kedatangan Panglima Gatot yang direncanakan tiba hari ini, Rabu, 5 April 2017, itu juga didampingi Kasad Jenderal Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, Danjen Kopasus Mayjen TNI Madsuni.

Selain itu, bakal hadir empat Gubernur di Sumatera, yakni Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno

"Oleh sebab itu, dengan di percayanya oleh Pusat Kabupaten Siak sebagai tuan rumah, hendaknya, ini bisa mendorong bagi petani agar lebih bergiat lagi dalam bertani," ujarnya.

Lihat Juga: Bupati Siak: Petani Tak Rugi Lagi, Toko Tani Putus Mata Rantai Distribusi

Lebih lanjut Bupati Siak mengatakan, kedataangan Panglima Gatot juga membawa berkah bagi 1000 pelajar tidak mampu yang ada di wilayah Kabulaten Siak.

Pasalnya selain bertanam padi dan jagung, di lokasi sawah tersebut bakal diserahkan bantuan peralatan pertanian, asuransi untuk petani serta peralatan sekolah untuk anak-anak yang kurang mampu.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline