Ribuan Warga Riau Decak Kagum Lihat Aksi Manuver Menegangkan Pilot Jupiter

Aksi-Akrobatik-Jupiter-Aerobatic-Team-JAT-di-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Riau yang tidak bisa menyaksikan secara langsung aksi terhebat pilot-pilot kebanggaan Indonesia tergabung dalam Jupiter Aerobatic Tim (JAT), pada Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition 2017 (LIMA17), 21-25 Maret 2017 silam, tidak perlu berkecil hati.

Pasalnya, secara tidak langsung penampilan disuguhkan enam unit pesawat KT-1B Wong Bee, Minggu siang, 26 Maret 2017, di Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn), merupakan pertunjukan hampir sama seperti apa mereka tampilkan di Lengkawi, Malaysia.

"Jadi apa kami tampilkan di Langkawi itu bagian yang juga kami tampilkan di Pekanbaru. Kira-kira (Seperti) itu yang di sana, saat berada di sini, kami kompakkan dengan beberapa tampilan di sini," kata Komandan Lanud (Danlanud) Adisutjipto, Marsma TNI Novyan Samyoga, Minggu, 26 Maret 2017.

Baca Juga: Ribuan Penonton Decak Kagum Lihat Aksi Jupiter Aerobatic Team Di Langkawi

Penampilan serupa tersebut, tutur jenderal bintang satu ini cukup menguntungkan penerbang. Meskipun, ada beberapa kendala seperti cuaca cukup menganggu penampilan mereka di Riau siang tadi.


Ak

"Begini, jadi artinya kami di sini tidak perlu latihan lagi. Karena apa kami tampilkan di sana sama dengan yang ada di Pekanbaru. Meskipun dengan kondisi cuaca kurang ideal, tetapi dengan samabutan meriah seperti ini kami tetap tampil," katanya bangga. 

Lanud Adisutjipto terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menaungi Skadron Udara Pendidikan (Skadik) 102. Para instruktur di Skadik 102 inilah kemudian menjadi pilot Jupiter Aerobatic Team (JAT) dengan Leader Flight langsung dijabat Komandan Skadik. Kini Dan Skadik dipegang Letkol Pnb HM "Razor" Kisha. 

Saat tampil di depan ribuan warga Pekanbaru yang memadati Skadron Hawk 12/Black Panther, JAT menampilkan beberapa manuver udara. Satu di antara manuver yang ditampilkan adalah tactical formation, sebelumnya telah mereka persiapkan dengan matang jauh-jauh hari.

Klik Juga: Roesmin Nurjadin, Bapak Tim Aerobatic Indonesia

Pesawat meliuk-liuk bahkan dua dari empat pesawat sempat saling beradu sehingga membuat masyarakat histeris. Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, penampilan dari keenam penerbang, karena satu pesawat lagi sudah mendarat terlebih dahulu itu, tak henti-hentinya mendapatkan sorak-sorai dan tepuk tangan dari penonton sudah memadati hanggar Skadron Hawk itu sejak pukul 10.00 WIB.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline