Siang Ini, Pesawat JAT Akan Berakrobatik di Langit Pekanbaru

Penerbang-JAT1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siang ini, Minggu, 26 Maret 2017, 7 pesawat KT1-IB Wong Bee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT), direncanakan akan melakukan manuver di langit Pekanbaru. 

Selama sepekan lebih, 21-25 Maret 2017, ikut serta dalam Lima '17 Langkawi Airshow, Malaysia. Pada aktivitas terakhir, Jumat, 24 Maret 2017, Tim JAT menerima kunjungan Menteri Pertahanan Malaysia, briefing dengan Black Eagles dari Republic Of Korea Air Force (ROKAF). 

"Insya Allah kita ke Pekanbaru dan akan show, lakukan manuver di langit Pekanbaru sekalian bermalam. Saat singgah lalu (Kamis, 16 Maret 2017), kami hanya isi bahan bakar saja," kata Flight Leader JAT, Letnan Kolonel Penerbang (Letkol Pnb) Hermawan Muhammad (HM) "Razor" Kisha, Minggu, 26 Maret 2017, kepada RIAUONLINE.CO.ID

Baca Juga: Ribuan Penonton Decak Kagum Lihat Aksi Jupiter Aerobatic Team di Langkawi

Pilot pesawat tempur Hawk 100/200 yang home base di Skadron Udara (Skadud) 12/Black Panther, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, menjelaskan, Jupiter juga melaksanakan Friendship Flight dengan Black Eagles Korea Selatan.

Saat Friendship Flight tersebut, tuturnya, dilakukan terbang formasi dengan skema 6 KT-1 (JAT) + 8 T-50 (ROKAF). Usai kegiatan terbang persahabatan ini, Jupiter melaksanakan foto bersama dengan Black Eagles. 


"Tak hanya itu, kami juga Foto bersama dengan PTU Malaysia, dan Meet the Pilot Program," kata Komandan Skadron Pendidikan (Dan Skadik) 102 ini. 

Jupiter Aerobatic Team Berfoto Bersama

KRU Jupiter Aerobatic Team (JAT) berfoto bersama dengan di sela-sela Lima '17 Langkawi, Malaysia, Jumat, 24 Maret 2017.

Sebelumnya, ribuan pengunjung Lima '17 Langkawi Airshow, Malaysia, berdecak kagum saat melihat manuver yang dipertontonkan tujuh pesawat KT-1B Wong Bee, Kamis, 23 Maret 2017, pukul 13.24 waktu setempat. 

Usai dibuat berdecak kagum dengan aksi akrobatik dan manuver dari ketujuh pesawat yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT), penonton berasal dari berbagai negara, seperti Malaysia, Singapura, serta dari Eropa dan Amerika, berebutan untuk meminta foto bersama, bahkan selfie dengan pilot serta kru JAT. 

"Alhamdulillah, selama dua hari kita latihan, 21-22 Maret 2017, ribuan pengunjung mengakui atraksi kita tampilkan sangat rapi dan mengundang decak kagum kita. Hal serupa juga terjadi hari ini, Kamis, 23 Maret 2017, usai tampil, kita diserbu penonton untuk berfoto bersama," kata  Flight Leader JAT, Letnan Kolonel Penerbang (Letkol Pnb) HM "Razor" Kisha, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 24 Maret 2017. 

Klik Juga: Akhir Pekan Kemana? Yuk Tonton Atraksi Aerobatik Jupiter Di Lanud Rsn, Gratis

Berkekuatan 12 pilot dengan didukung dua pesawat Hercules kru, seperti teknisi, dan lainnya, termasuk di dalamnya, Komandan Lanud Adistujipto, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Novyan Samyoga. 

Dalam akrobatik kemarin, selain JAT, juga tampil Russian Knight dari Rusia, Rafale dari Prancis, Sukhoi Malaysia, Black Eagle Korea Selatan, Gripen dari Thailand, dan F18 Hornet dari Malaysia. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline