Wow, Riau Peroleh DIPA Rp6,3 triliun

Anggaran.jpg
INTERNET
ILUSTRASI Anggaran

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan Provinsi Riau mendapat Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dari pemerintah pusat sebanyak 478 DIPA, dengan total nilai Rp6,3 triliun.

 

DIPA yang diserahkan oleh pemerintah pusat melalui gubernur Riau ini terdiri atas 16 DIPA Kantor Pusat senilai Rp1,4 triliun dan 462 DIPA untuk satuan kerja di daerah (meliputi kantor vertikal, dekonsentrasi dan tugas pembantuan) senilai Rp4,9 triliun.

 

"DIPA menjadi dokumen pelaksanaan anggaran yang menjadi dasar pengeluaran negara dan pencairan dana atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, sekaligus menjadi dokumen pendukung kegiatan akuntasi pemerintah," kata Arsyadjuliandi Rachman, Selasa, 20 Desember 2016.

Baca Juga: Anggaran Jembatan Siak IV Disepakati Rp115 Miliar

 


Andi, begitu Gubernur Riau akrab disapa, memaparkan pada APBN 2017, pendapatan negara ditetapkan sekitar Rp1.750 triliun dan belanja negara sekitar Rp2.080 triliun.

 

Untuk daftar alokasi dan transfer ke daerah dan dana desa 2017 se Riau ditetapkan sebesar Rp21,4 triliun. Yakni, dana perimbangan sebesar Rp20,1 triliun dengan meliputi Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp7,7 triliun. Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp8,2 triliun serta Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp4,2 triliun.

 

Kemudian ada juga dana insentif daerah sebesar Rp22,5 miliar serta dana desa sebesar Rp1,3 triliun atau meningkat 27 persen dari tahun sebelumnya. Pada kesempatan ini tiga kabupaten di Riau memperoleh alokasi Dana Insentif Daerah (DID) yakni, Bengkalis, Pelalawan, Siak dengan total Rp22,5 triliun.

Klik Juga: Pekanbaru Dikritik Karena Tak Miliki Kebijakan Anggaran Bencana Asap

 

"DID itu diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada pemerintah daerah yang menunjukan kinerja yang baik yang diukur dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2015 serta ketepatan waktu dalam penetapan Perda pada 2016," terangnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline