Banjir Tenggelamkan Puluhan Rumah di Rokan Hulu

Banjir-di-Kecamatan-Rambah-Rokan-Hulu.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: Azhar Saputra


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satuan Tugas Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, Minggu, 27 November 2016, memberikan penjelasan terkait banjir menenggelamkan ratusan rumah di wilayah berjuluk Negeri Seribu Suluk. Banjir mulai naik mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB, akhir pekan lalu, Sabtu, 26 November 2016.

 

 

Banjir tersebut melanda Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir dan Rambah Kumu, dengan ketinggian debit air mencapai 80 cm. "Akibat luapan air tersebut turut memutuskan akses lintas jalan antar Provinsi antara Rohul dan wilayah lainnya," kata kepala BPBD Rohul, Aceng Herdiana melalui rilisnya, Minggu, 27 November 2016.

 

 

Ia mengatakan, banjir juga mengakibatkan 86 Kepala Keluarga (KK) dengan 344 jiwa bermukim di Desa Rambah harus dievakuasi ke tempat lebih tinggi untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan.

 


"Dengan cepat satgas terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, tenaga kesehatan dan para relawan bergerak ke lokasi menyelamatkan apa yang bisa di lakukan dengan perlengkapan yang di miliki," katanya.

 

 


Baca Juga: Ruas-ruas Jalan Ini Rawan Banjir saat Hujan Guyur Kota Berkuah Pekanbaru

 



Sementara itu, untuk saat ini kondisi di lokasi banjir berangsur-angsur mulai menurun. Lalu lintas jalanan yang semulanya padat, berangsur-angsur mulai lancar.

 


Sementara itu, Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sugarin menjelaskan, berdasarkan data citra radar cuaca pada pukul 14.00 WIB, hujan akan turun dengan intensitas ringan hingga sedang.

 


"Juga dapat disertai dengan petir atau kilat dan angin kencang diprakirakan terjadi pada pukul 14.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB," katanya. 



Selain Rohul kondisi seperti ini akan berlangsung di beberapa wilayahdi Provinsi Riau lainnya seperti Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kampar, Rokan Hilir, dan Kota Dumai. "Juga Kondisi ini diprakirakan akan meluas hingga Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, dan Kota Pekanbaru," tutupnya.

 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline