Riau Pecahkan Rekor MURI Kuliner Sagu Terbanyak

Rekor-MURI-Sagu.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau berhasil mencetak rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) atas olahan menu makanan dan minuman yang berbahan baku sagu terbanyak di Indonesia dengan jumlah menu sebanyak 369 makanan.

 

Berdasarkan data yang diperoleh dari Muri, jumlah makanan dan minuman olahan berbahan baku sagu yang disajikan hari ini berjumlah 369 mengalahkan pencapaian sebelumnya sebanyak 308 dari Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

 

"MURI pada hari ini mencatat suatu karya yang luar biasa dalam kategori kuliner. Sagu yang umum dikenal di Indonesia bagian Timur ternyata juga dimiliki oleh Provinsi Riau yang sangat kaya. Kini rekor dipegang oleh masyarakat Riau," ujar Senior Manager MURI, Awan Rahargo, Selasa, 25 Oktober 2016.

 

Upaya pemecahan rekor oleh Pemprov Riau dalam rangka adalah dalam rangka mempromosikan olahan menu makanan dan minuman yang berbahan baku sagu yang merupakan olahan khas asal Kabupaten Kepulauan Meranti. Pengukiran rekor menu sagu terbanyak di Indonesia akhirnya tercapai dengan Piagam penghargaan bernomor 7668/MURI/X/2016.


 

RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO

369 makanan dan minuman olahan sagu disajikan dalam pagelaran Sagu Riau Menyapa Dunia, Selasa, 25 Oktober 2016

 

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman menuturkan festival yang ditaja dengan bekerja sama Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) merupakan langkah awal untuk memperkenalkan sagu ke dunia.

 

"Acara ini dalam rangka memperkenalkan sagu. Riau ini salah satu penghasil sagu terbesar di Indonesia," kata Gubernur Riau Gubri, Arsyadjuliandi Rachman.

 

Pencapaian rekor muri ini kata Gubernur yang akrab disapa Andi ini merupakan salah satu tahapan dari Riau untuk program Riau menyapa dunia. "Sagu yang punya potensi makanya kita coba perkenalkan lebih dahulu kepada masyarakat dan APJI juga berjanji memperkenalkan sagu ke nasional," jelas Andi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline