Bukan Hanya ISIS, Inilah 5 Kelompok Teror Paling Mematikan di Dunia

Kelompok-Boko-Haram.jpg
(DW.COM/PICTURE-ALLIANCE/AP PHOTO/S.ALAMBA)

RIAU ONLINE - Sejumlah kelompok tercatat kerap melumat nyawa warga sipil. Pada 2015 lalu, ribuan nyawa melayang akibat terorisme.

 

Ironisnya menurut Global Terrorism Index, Islamic State (ISIS) bukan satu-satunya teroris paling mematikan. Berikut sejumlah kelompok teror paling mematikan di dunia, dilansir dari DW.COM.

 

Al-Shahab

 

Al-Shahab merupakan kelompok teror yang aktif di timur Afrika. Kelompok yang merujuk pada Al-Qaida ini berambisi untuk membentuk negara Islam di Somalia.

 

Tahun lalu, Al-Shahab melanarkan 496 serangan teror yang membunuh 1.021 orang dan melukai sebanyak 850 orang lainnya.

Baca Juga: Luar Biasa, 7 Presiden Ini Enggan Terima Gajinya Demi Rakyat

 

Militan Fulani

 


Militan Fulani adalah kelompok yang kebanyakan beranggotan pengembala nomaden etnis Fula. Namun, tidak banyak yang mengetahui tentang kelompok bersenjata ini.

 

Kelompok yang aktif di Nigeria ini kerap membidik warga sipil pemilih lahan. Tahun lalu, militan Fulani telah membuat 1.229 nyawa melayang dalam lebih dari 150 serangan teror.

 

Taliban

 

Kelompok ekstremis ini dibentuk pada 1994 silam dalam perang saudara di Afghanistan. Taliban telah terlibat dalam berbagai konflik di kawasan dan tercatat sebagai kelompok teror paling berpengalaman di dunia.

Klik Juga: Tahukah Anda, Masjid Pertama Sekaligus Tertua di Singapura Ini Dibangun Orang Indonesia

 

Pada 2015 lalu, Taliban telah meluncurkan 891 serangan teror yang menewaskan sebanyak 3.477 orang dan melukai 3.310 orang lainnya. Kini, organisasi pimpinan Hibatullah Akhundzada ini tengah berupaya kembali merebut kakuasan di Kabul.

 

Islamic State (ISIS)

 

ISIS dianggap sebagai ancaman terbesar bagi keamanan dunia. Pada 2015, ISIS telah menewaskan 6.073 orang dan melukai 5.799 lainnya dalam 1.071 serangan teror.

Lihat Juga: Negara Lain Perkuat Militer, 8 Negara Ini Justru Tak Punya Militer

 

Kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi ini menjadikan Eropa, Suriah, Irak dan Turki sebagai target serangan favorit mereka.

 

Boko Haram

 

Bukan ISIS yang menempati urutan teratas, melainkan Boko Haram yang menjadi kelompok teror paling mematikan di dunia. Kelompok pimpinan Abu Bakar Shekau telah menewaskan sebanyak 6.644 orang dan melukai 1.742 lain. Nyawa yang kebanyakan warga sipil itu melayang dalam serangan teror yang dilakukan sepanjang 2014 silam.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline