Bulan Ini, Kapal-kapal Perang Rusia Akan Berlabuh di Laut Cina Selatan, Ada Apa?

Kapal-Perang-Buatan-Indonesia.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Rusia akan mengerahkan satu detasemen kapal militer Armada Pasifik Rusia ke Laut Cina Selatan (LCS) pada pertengahan September mendatang.

 

Kepala Humas Armada Pasifik Distrik Militer Timur Rusia Kapten Kelas Dua Vladimir Matveyev mengatakan rencananya, kapal-lapal tersebut akan melaksanakan latihan militer Joint Sea 2016 di LCS.

 

Latihan militer gabungan Joint Sea 2016 akan digelar Rusia dan Tiongkok pada 11 hingga 19 September mendatang. Pada latihan gabungan tersebut, Rusia akan kerahkan kapal anti-kapal selam, kapal amfibi dan kapal tanker.

Baca Juga: TNI AL Tangkap Kapal Tanker MT Angeline 2 di KepriBegini Kronologinya


 

“Pada awal September mendatang, kami akan mengirim detasemen yang terdiri dari kapal antikapal selam Laksamana Tributs dan Laksamana Vinogradov, kapal amfibi Peresvet, towboat Alatau, serta kapal tanker Pechenga ke Zhanjiang, Tiongkok,” tutur Matveyev seperti dikutip Angkasa.co.id, Jumat, 2 September 2016.

 

Menurut Matveyev, latihan gabungan Joint Sea 2016 berlokasi di lepas pantai dan perairan kawasan LCS. Para kru kapal akan melakukan latihan seperti mengoordinasikan beragam aspek manuver gabungan, aksi antisubversi, antikapal selam, antipesawat dan pertahanan anti-kapal. Rusia dan Tiongkok pun telah menyelesaikan persiapan serangan artileri terhadap sasaran di udara dan laut.

Klik Juga: Beratnya Latihan Pasukan Raider TNI AD Bikin Militer AS Kebingungan

 

Matveyev menjelaskan latihan militer kemaritiman ini merupakan latihan gabungan kelima bagi Rusia dan Tiongkok yang bertujuan untuk mengonsolidasi kerja sama praktis dan menangkis berbagai ancaman di wilayah perairan. Tahun lalu, latihan gabungan serupa dilaksanakan di Laut Jepang.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline