Kesehatan Perempuan Bisa Dilihat dari Kondisi Payudara

Payudara-Perempuan.jpg
(PICTURE-ALLIANCE/DPA)

RIAU ONLINE - Bagian dari tubuh perempuan ini, payudara, bagi pemiliknya kadang kurang mendapat perhatian khusus. Banyak hal bisa diketahui dari payudara tentang kesehatan pemiliknya berdasarkan kondisi terkini. 

 

Bertambah besar, atau sebaliknya menjadi kecil, merupakan indikator kondisi kesehatan Anda. Begitu juga perubahan bentuk, benjolan dan hal lainnya, seperti dilansir dari dw.com

 

Bertambah Besar

Kemungkinan karena berat badan juga bertambah (selain terdiri dari jaringan glandular, payudara sebagian besar terdiri dari sel lemak), hamil, pil KB, atau perubahan hormon karena menstruasi. Bukan hal yang perlu dikhawatirkan, selain mungkin Anda harus membeli BH baru.

 

Menjadi Kecil

Ini mungkin karena berat badan Anda berkurang atau level estrogen sedang jatuh. Jika selain itu rambut rontok, jerawat dan tumbuh rambut di wajah, pertimbangkan untuk memeriksakan diri akan sindrom ovaroum polikistik (PCOS). Ada juga studi di British Journal of Cancer yang menemukan bahwa minum tiga cangkir kopi dalam sehari bisa menyebabkan mengecilnya payudara pada beberapa perempuan.

 

Baca Juga: Bercanda Soal Bom, Tiga Warga Pekanbaru Ditahan Polisi Melaka, Malaysia

 


Ukuran Sangat Besar

Beberapa studi mengkaitkan ukuran BH besar dengan kanker payudara. Tetapi tidak ada cukup bukti untuk menjadi khawatir. Pakar bedah AS Daniel Maman, MD mengatakan: "Butuh lebih banyak studi lagi untuk bisa menarik kesimpulan yang pasti."

 

Perubahan Bentuk

Karena menyusui dan umur yang bertambah, jaringan ikat yang mempertahankan bentuk payudara mengendur, kulit tidak lagi elastis, sehingga payudara turun dan berubah bentuk. Cara mengatasinya, memiliki BH yang bagus, hindari berat badan yang naik-turun, dan olahraga push up serta bench press untuk membentuk otot pektoral (dada).

 

Benjolan

Saat menstruasi akan terasa benjolan di payudara. Ini karena perubahan hormon. Kadang bahkan terasa nyeri, khususnya saat menjelang menstruasi. Ini bukan hal yang harus dikhawatirkan apalagi jika bentuk benjolannya simetris.

 

Sakit dan Nyeri

Rasa sakit yang bilateral seringnya karena hormon atau terlalu banyak kafein. Pemicu lainnya yang tidak berbahaya bisa juga karena sindrom prahaid (PMS), BH yang tidak pas, benturan, dan kerap memakai tas di sisi bahu yang sama terus.

 

Klik Juga: Jangan Anggap Remeh Nyeri di Bagian Wanita Ini

 

Kekurangan Zat Besi

Rasa sakit pada payudara juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi yang tugasnya meregulasikan hormon tiroid. Hasil studi 2004, setengah dari peserta studi mengalami pengurangan rasa sakit pada payudara setelah menambah 6 mg suplemen iodin yang juga meningkatkan fungsi tiroid pada makanan mereka. Tapi rasa sakit hanya di satu sisi payudara saja bisa merupakan gejala kanker payudara.

 

Puting Terbenam

Inverted nipple (puting terbenam) adalah normal jika sejak awal bentuknya sudah seperti itu. Masalahnya adalah jika puting Anda tiba-tiba terbenam. Tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, karena kanker payudara juga bisa menyebabkan kondisi tersebut.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline