Tahun Ini, Pemko Pekanbaru Akan Terima Bantuan 6 Unit Dermaga Apung

Pelabuhan-Tanjung-Buton.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru akan menerima bantuan sebanyak enam unit dermaga apung senilai Rp 3,1 miliar sebagai bantuan dalam transportasi. Bantuan tersebut diberikan oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui APBD Riau tahun 2016 ini.



Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pekanbaru, Aripin Harahap mengatakan bantuan dermaga apung tersebut sangat tepat diberikan mengingat Pemko Pekanbaru hendak membangun wisata transportasi air untuk menghidupkan kembali lalu lintas kepadatan Sungai Siak.

 

Apalagi ia melihat kondisi penyeberangan penumpang dari kapal ke darat dan sebaliknya sudah darurat di Pekanbaru ini. "Kita sudah memperoleh informasi dari pemprov akan ada enam dermaga apung yang diserahkan ke Pekanbaru. Kita selama ini memang belum punya dermaga yang representatif," ujar Aripin, Jumat (27/5/2016).

 



Selama ini dermaga apung yang ada semua terbuat dari kayu yang tidak safety dan nyaris ambruk karena sudah termakan waktu. Kata Aripin, semua dermaga tersebut yang ada dibantaran Sungai Siak adalah milik rakyat yang seadanya.

 

Bantuan dermaga apung ini akan diperuntukkan bagi dermaga angkutan orang dan barang yang menggunakan jalur transportasi air Sungai Siak. Ia merinci enam dermaga ini nantinya akan ditempatkan pada enam titik pelabuhan rakyat. Diantaranya Melebung, Okura, PLTU, Pasar Pariwisata, Meranti Pandak dan rumah Tuan Kadi.

 

Namun Aripin belum bisa memastikan kapan enam unit dermaga apung tersebut akan diserahkan kepada Pemko Pekanbaru. Karena hingga kini pihaknya masih menunggu pemberitahuan provinsi.



"Katanya tahun ini, karena itu dermaga apung yang sistemnya ditongkrongin aja makanya bukan dibangun tetapi pengadaan barang," tutupnya..

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline