Wow, Hutan Durian Terbesar di Dunia Ada di Indonesia

Hutan-Durian.jpg
(KOMPAS Muhammad Irzal Adiakurnia)

 

RIAU ONLINE - Tahukah Anda? ternyata hutan durian terbesar di dunia ada di Indonesia. Lahan seluas 650 hektar di Desa Sawahan Trenggalek, Jawa Timur disulap menjadi Hutan Durian Internasional.

 

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman telah mencanangkan Hutan Durian Internasional (Internasional Durio Forestry) tersebut pada Jumat (13/5/2016) lalu.

 

Menurut Andi, Trenggalek merupakan kabupaten terkaya di Indonesia dalam sektor pertanian. Namun, Trenggalek masih minim cara penjualan dan kreativitas olahan hasil pertanian dan perkebunan.

 


“Kalau aku bilang, kabupaten terkaya berada di sini di Trenggalek, namun yang mahal adalah inovasinya. Potensi pertanian semua tersedia disini. Tinggal bagaimana petani bisa mengolah, mengemas sehingga menjadi produk yang mempunyai harga jual tinggi," ujarnya, seperti dikutip dari National Geographic Indonesia, Rabu (18/5/2016).

 

Untuk membantu mengembangkan para petani durian di kabupaten Trenggalek, Andi mengatakan pemerintah pusat akan menyediakan bibit unggul. Petani diminta untuk memanfaatkan areal lahan hutan untuk menanam bibit durian.

 

“Dengan luasan lahan sebesar 600 hektar lebih, kita manfaatkan setiap jengkal yang ada dengan menanam durian lebih banyak. Bibit serta biaya semua disediakan oleh pemerintah pusat," katanya.

 

Jenis durian yang menjadi unggulan di Desa Sawahan adalah Durian Ripto dan Durian Kunir. Kedua jenis durian ini memiliki cita rasa dan daging durian yang tebal dan nikmat. Bahkan, keduanya dapat bersaing dengan durian dari negara lain.

 

“Banyak jenis varian durian lokal tersedia di sini, namun untuk jenis durian ripto dan kunir, merupakan yang paling unggul. Bahkan jenis kedua durian ini, bisa bersaing di pasar internasional," ujarnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline