Skors Dicabut, FIFA Izinkan Indonesia Kembali ke Kancah Internasional

Presiden-FIFA.jpg
(VOA INDONESIA/REUTERS/EDGARD GARRIDO)

 

RIAU ONLINE - Presiden FIFA, Gianni Infantino menyatakan bahwa sanksi skors dari sepakbola internasional yang didapat Indonesia telah berakhir setelah hampir satu tahun.

 

Indonesia mendapat skors dari FIFA karena pemerintah ikut campur dalam federasi sepakbola di negara ini.

 

Infantino mengatakan, keputusan untuk mengakhiri skors Indonesia diambil Dewan FIFA setelah pemerintah setuju untuk mencabut aturan yang dianggap intervensi yang tidak bisa diterima federasi sepakbola itu.

BACA JUGA: Pencabutan Pembekuan PSSI, Philep Harap Tak Ada Lagi Mafia Sepak Bola

 

"Pemerintah Indonesia telah mengatakan kepada kami bahwa aturan yang menyebabkan skors telah dicabut," ujar Infantino, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (18/5/2016).

 

Berakhirnya skors yang sudah hampir setahun dijalani Indonesia yang menjadi pasar terbesar di Asia disambut Konfederasi Sepakbola ASia (ASC) untuk kembalinya Indonesia ke dalam 'keluarga sepakbola Asia'. Namun, mereka menegaskan akan terus melawan intervensi pemerintah dalam mengurus permainan.


 

"Komite Eksekutif AFC menekankan minggu ini sikap melawan intervensi pemerintah dalam olahraga pada umumnya dan sepakbola pada khususnya," ujar badan pengelola regional itu.

KLIK JUGA: Pesan Herman Zumafo Untuk PSPS Seusai Dikalahkan Persiraja

 

FIFA menyatakan larangan pada bulan Juni menyusul sengketa panjang antara pemerintah dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait penentuan tim-tim yang harus ikut dalam liga domestik papan atas.

 

Pemerintah menskors PSSI setelah mereka mengabaikan permintaan untuk melarang dua tim yang pemiliknya gagal memenuhi aturan baru.

 

Setelah berkali-kali memberi peringatan untuk menyelesaikan sengketa tersebut, FIFA akhirnya memutuskan untuk menskors Indonesa, dampaknya tim Indonesia tidak dapat mengikuti babak kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019.

LIHAT JUGA: Jamie Vardy Dinobatkan Pemain Terbaik Liga Inggris Musim Ini

 

Sementara, Kongres FIFA mengukuhkan masih berlakunya skors untuk Kuwait dan Benin atas intervensi pemerintah dalam asosiasi-asosiasi sepakbola mereka.

 

Infantino mengatakan akan segera menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan kedua negara tersebut.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline