Kecanggihan Kapal Perang Buatan Indonesia Diakui Filipina

Kapal-Perang-Buatan-Indonesia.jpg
(INTERNET)

 

 

RIAU ONLINE - Kecanggihan kapal perang buatan Indonesia mendapat decak kagum dari negeri tetangga. 
Terungkap saat seorang anggota laut Filipina Captain Francis Alexander R Jose yang mewakili Kementerian Pertahanan Filipina mengakui kecanggihan kapal perang buatan Indonesia saat ikut dalam rombongan pengiriman perang dari Surabaya, Indonesia menuju Filipina.

 

"Bagus, dan saya merasakan sendiri dengan memaksimalkan kecepatan yang dimiliki SSV Tarlac, terbukti tetap stabil dan tidak ada goncangan," ujar Jose usai melakukan tes kecepatan maksimal saat kapal memasuki Selat Makasar, Indonesia, seperti dikutip dari Okezone, Jumat (13/5/2016).

 

Bahkan, Jose mengaku bangga dengan kapal buatan RI itu. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Indonesia yang telah bekerja sama dalam pemesanan kapal.

 


Kapal ini mampu memasukkan dua kapal pendukung atau landing craft utility (LCU) ke dalam bagian belakang kapal. LCU adalah satu dari fasilitas kecanggihan jenis Stategic Sealift Vessel (SSV) BRP TARLAC (LD-601) ini.

 

Sedangkan kapal kecil LCU berfungsi untuk mendukung peperangan di wilayah pantai yang dapat mengangkut sejumlah peralatan perang.

 

Ketika proses manuver, kapal SSV TARLAC sempat menenggelamkan bagian belakang tubuh kapal hingga kedalaman dua meter, agar dua kapal pendukung bisa masuk ke bagian belakang kapal.

 

Kemudian, pintu belakang kapal terbuka dan secara bergiliran dua kapal masuk ke badan kapal dan menaikkan kembali dalam posisi normal dengan membuang air yang sebelumnya masuk ke lambung belakang kapal.

 

SSV TARLAC memiliki kecepatan hingga 16.2 knot. Selain itu, kapal juga mempunyai alat pemadam kebakaran, dengan menyemprotkan air ke laut untuk membantu pemadaman jika terjadi kebakaran kapal.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline