Esok, Mendagri akan Lantik Bupati Rokan Hulu dan Pelalawan

Suparman.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie pastikan Jumat (22/4/2016) esok petang, kepala daerah Rokan Hulu dan Pelalawan terpilih dari Pilkada serentak 2015 lalu akan dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

 

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu, Suparman-Sukiman serta Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan, Harris-Zardewan rencananya akan dilantik dengan 6 bupati dan walikota yang berasal dari Provinsi Sumatera Utara.

 

"Dari kawat yang dikirim Mendagri kemarin malam sudah dipastikan bahwa pelantikan Bupati Pelalawan dan Rohul akan dilaksanakan di Jakarta, bergabung dengan 6 bupati walikota dari Sumut," ujar Ahmad Syah, Kamis (21/4/2016) ketika di Lanud Roesmin Nurjadin.

BACA JUGA: Inilah Blak-blakan Suparman Usai tak Dilantik sebagai Bupati


 

Pelantikan yang akan dilakukan oleh Mendagri esok petang di Jakarta menimbulkan pertentangan dengan aturan. Padahal menurut peraturan perundang-undangan yang ada, pelantikan bupati dan walikota itu dilakukan di ibu kota provinsi.

 

"Menurut UU pemerintahan Daerah, pelantikan memang dilakukan di ibu kota provinsi. Namun kebijakan Mendagri kli ini merupakan pengecualian karena pelantikan yng diakukb secara bersama-sama dengan kepala daerah lain," jelas Ahmad Syah.

 

Percepatan pelantikan ini digesa untuk menuruti aspirasi masyarakat yang menginginkan pelantikan Bupati Rohul dan Pelalawan dilakukan secepatnya.

KLIK JUGA: Saat Musrenbang, Plt Gubri Bahas Pelantikan Bupati Pekan Depan

 

"Kitakan harus mempercepat pelantikan ini karena ini permintaan dan desakan dari masyarakat," tandas Ahmad Syah.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline