Menlu Amerika Tuding ISIS Lakukan Genosida

John-Kerry.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry menuding ISIS telah melakukan genosida di Irak dan Suriah. Sasarannya, merupakan kelompok minoritas keagamaan di daerah yang ISIS kuasai.

 


Kerry menyebut, kekerasan yang dilakukan ISIS dan bisa dimasukkan sebagai genosida dialami oleh kelompok yazidi, komunitas Kristen serta penganut Syiah.

 

BACA JUGA : Kerugian Negara Dari Korupsi Sektor Migas Capai Puluhan Triliun


 

"Dalam pandangan saya, Daesh (sebutan lain untuk ISIS), bertanggung jawab atas genosida terhadap kelompok-kelompok yang berada di bawah kontrol mereka, termasuk orang-orang Yazidi, Kristen, dan Islam Syiah," kata Kerry kepada wartawan di Washington sebagaimana dilansir dari BBC Indonesia, Kamis (17/3/2016).

 

KLIK JUGA : Polisi Tangkap PNS Humas Bengkalis Ini Gara-gara Picu Lahan 3 Ha Terbakar

 

Ia menambahkan bahwa ideologi dan tindakan ISIS adalah genosida. "Sangat penting untuk mengatakan kejahatan yang mereka lakukan, yang tak kalah penting adalah bagaimana menghadapi mereka," kata Kerry.

 

Menlu Amerika Serikat ini juga mengatakan bahwa ISIS bertanggung jawab atas kejahatan terhadap kemanusiaan dan pembersihan etnis. Sejak menguasai wilayah-wilayah di Irak dan Suriah, kelompok ini dituduh melakukan pembunuhan besar-besaran dan tindak kejahatan lain.