Disini Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari di Gorontalo

Gerhana-matahari.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Gerhana mahatahari diprediksi terjadi bulan Maret ini. Untuk mengamatinya dengan baik, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo menyarankan ke wilayah Olele dan Taludaa di Kabupaten Bone Bolango.

 


Menurut prakirawan BMKG Gorontalo, Hasan Arif Efendi di Gorontalo, Sabtu (5/3/2016), sebagaimana dilansir dari Antara, magnitude di wilayah itu mendekati total atau sekitar 0,99. Artinya paling bagus untuk Provinsi Gorontalo. Kalau tidak sempat ke lokasi itu, warga bisa mengamati di depan rumah masing-masing," paparnya.

 


BACA JUGA : Tingkatkan Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Sasar Komunitas

 

Meski demikian, kata Hasan, dalam pengamatan tersebut harus dipastikan bagian timur tidak terhalang perbukitan dan lainnya, karena gerhana terjadi pagi hari. "Cara untuk mengetahui ada penghalang atau tidak, lihat matahari jam 7.30 sampai jam 9.30. Jika kita bisa melihat matahari pada saat itu, berarti juga bisa menyaksikan gerhana," papar Hasan.

 

Syarat lainnya yaitu pada saat terjadinya gerhana kondisi sedang tidak berawan, karena kumpulan awan bisa menutupi matahari.