Gaji Pas-Pasan, Begini Cara Terbebas Dari Hutang

domept-kosong.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Jeratan hutang terjadi karena pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Hal ini patut diwaspadai, karena jeratan hutang kerap menimbulkan rasa resah dan gelisah akibat beban hutang yang ditanggung. Hidup jadi tak tenang, pikiranpun terganggu.

 

Jeratan hutang tidak hanya terjadi pada kalangan berpenghasilan minim atau kurang, mereka yang penghasilannya di atas rata-rata pun dapat terjerat hutang. Perlu Anda pastikan bahwa cicilan hutang sebaiknya tidak lebih 30 persen dari penghasilan bulanan Anda.

 

Dilansir dari laman Liputan6.com Pada dasarnya, jeratan hutang terjadi karena ketidakmampuan seseorang mengendalikan keinginan dan minimnya pengetahuan dalam hal pengelolaan keuangan. (KLIK: Rubahlah Pola Hidup, Ini Penyebab Diabetes Saat Muda)

 

Supaya terhindar dari jeratan hutang tidak ada cara lain selain berusaha mengurangi pengeluaran atau menaikkan pendapatan. Berikut 5 langkah yang perlu Anda lakukan supaya terbebas dari jeratan hutang:

 

1. Bekali Diri Dengan Ilmu Keuangan

 

Ilmu keuangan dasar sepantasnya dimiliki setiap orang, apalagi bagi mereka yang telah berkeluarga. Ilmu keuangan bisa didapatkan lewat pendidikan formal maupun secara otodidak. Dengan bekal ilmu keuangan yang baik, Anda akan jadi tahu dalam mengatur keuangan.


 

2. Buat Rencana Anggaran

 

Buat rencana anggaran yang matang setiap bulannya. Bandingkan pengeluaran Anda dengan penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulannya. Jangan lupa untuk memasukkan jumlah cicilan atau tagihan Anda supaya jumlah hutang bisa semakin berkurang. (LIHAT: Buang Gengsi, Istri Brimob Ini Jualan Sayur Keliling)

 

3. Belajar Berhemat

 

Belilah sesuatu sesuai kebutuhan, bukan mengikuti keinginan yang sifatnya memang tak terbatas. Jika punya kebiasaan mudah membeli barang atau bahkan boros, Anda sudah harus menghilangkannya. Jika diperlihara terus-menerus maka berpotensi dapat menambah hutang dan hutang. Terapkan hidup hemat dan cermat setiap membelanjakan uang.

 

4. Jaga Tubuh Tetap Sehat

 

Di balik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jika sakit, segala aktivitas dan pekerjaan untuk menghasilkan uang akan terganggu. Terlebih lagi, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya rumah sakit. Masalah kesehatan jelas sekali dapat menggangu keseimbangan keuangan Anda.

 

5. Cari Penghasilan Tambahan

 

Penghasilan tambahan bisa didapatkan dengan cara berbisnis maupun berinvestasi. Di era digital saat ini, banyak orang yang melakukan bisnis online guna mendapatkan tambahan penghasilan.

 

Selain berbisnis, investasi adalah cara lain untuk meningkatkan penghasilan, mulai dari investasi pasar modal, properti, hingga asuransi. Untuk memulai investasi pastikan Anda benar-benar menguasai dan memahami produk investasi yang Anda pilih. Modal untuk investasi bisa berasal dari simpanan atau alokasi khusus dari penghasilan Anda.