3 Daerah Tidak Ada DPT Tambahan, Ini Alasannya

Pilkada-Serentak-Riau.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum Riau mengatakan 3 kabupaten yakni Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Kuantan Singingi tidak memiliki Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPT-TB) pada gelaran Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang.

 

salah satu alasannya banyak warga yang tinggal di daerah transmigrasi yang bekerja di perusahaan perkebunan sawit pulang mudik ke kampung halaman. Hal ini disebabkan beberapa waktu lalu harga kelapa sawit anjlok di pasaran sehingga membuat mereka berhenti bekerja sementara. (KLIK: KPU Riau Khawatirkan Musim Hujan Saat Distribusi Logistik)

 

"Di beberapa daerah itu banyak berdiri perkebunan dan perusahaan kelapa sawit. Belum lama kemarin kan harga dolar naik drastis dan harga sawit anjlok. Hal ini membuat para pekerja itu sebagian diberhentikan secara sementara atau memang sengaja berhenti dan pulang kampung," ujar Komisioner KPU Riau Divisi Logistik dan Umum, Syafril Abdullah, Kamis (19/11/2015)


 

Perpindahan penduduk yang cukup banyak tersebut menurut Syafril disinyalir menjadi alasan kuat tidak adanya pertambahan DPT-TB di 3 kabupaten tersebut. (LIHAT: KPU Riau Targetkan Partisipasi Pemilih 75 persen)

 

Syafril membantah jika petugas tidak menjalankan kewajibannya untuk melakukan rekapitulasi pada daerah tersebut. "Laporan ini tidak bisa dimanipulasi. Petugas kita sudah melakukan pendataan dan rekapitulasi sesuai prosedurnya. Dan sesuai laporan yang kita terima memang tidak ada tambahan."

 

Hingga kini jumlah total DPT di 9 kabupaten dan kota yang ada di Riau ada 2.365.691 pemilih yang telah terdaftar dalam pemilih tetap. Sedangkan ada tambahan 4.989 pemilih tambahan dari KPU usai dilakukan pendataan ulang bagi pemilih yang belum terdaftar. Dari jumlah keseluruhan dari total jumlah antara DPT dan DPT TB ada 2.370.680 orang.