KPU Riau Khawatirkan Musim Hujan Saat Distribusi Logistik

Logo-KPU.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum Riau khawatir musim hujan bakal jadi penghambat suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang.

 

"Hambatan yang sedikit kita khawatirkan adalah musim penghujan yang masih akan berlangsung pada bulan Desember nanti. Kalau ramalan dari BMKG bulan itu kita masih musim hujan. Dan kekhawatiran kita ada sebagian wilayah Riau yang sangat rawan terkena banjir ketika musim penghujan datang," ungkap Komisioner KPU Riau Divisi Logistik dan Umum, Syafril Abdullah ketika dijumpai RIAUONLINE.CO.ID, Kamis (19/11/2015). (KLIK: Ini Dia Dalang Kebakaran Hutan dan Lahan)

 

Syafril menyebutkan, ada beberapa kabupaten dan kota dimana gudang penyimpanan logistiknya rawan terkena banjir. Ia mengaku KPU Provinsi dan daerah telah mencari solusi agar dapat mengantisipasi banjir telah dilakukan seperti di Indragiri Hulu dan Rokan Hulu.

 


"seperti di Inhu itu gudang penyimpanan logistik itu rawan banjir, jika sudah hujan kita akan lakukan antisipasinya. kita juga telah meminta kepada kepolisan dan seluruh elemen yang ada untuk segera berkoordinasi untuk menemukan solusinya. Di Inhu dan Rohul kita sudah panggil Polres dan Dandim, kita juga sudah minta solusinya. Kita bisa pindahkan tempatnya sesuai dengan kesepakatan semua pihak jika banjir datang," ungkap Syafril. (BACA: KPU Riau Targetkan Partisipasi Pemilih 75 persen)

 

Musim penghujan yang diprediksikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika masih akan berlangsung hingga Desember 2015 mendatang. Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi KPU yang akan menggelar Pilkada pada Bulan Desember 2015 mendatang.

 

Dinas Sosial Provinsi Riau mengatakan sebagian wilayah Riau yang ada di kabupaten dan kota sangat rawan terjadi banjir ketika musim penghujan telah datang.Kepala Dinas Sosial, Syarifuddin telah mengintruksikan kepada seluruh pejabat Dinsos yang ada di kabupaten dan kota untuk bersiaga dan tanggap atas potensi banjir yang cukup besar di Riau. Menurut Syarifuddin ada 7 kabupaten dan kota di Riau yang paling rawan banjir. (LIHAT: Gerak Gantung Bra di Pagar Kejati Riau)

 

"Banjir itu paling rawan ada di sepanjang pesisir aliran sungai. Pekanbaru, Pelelawan, Kampar, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Bengkalis dan Rokan Hilir. Kalau daerah lain itu cenderung aman-aman saja. Kalaupun lebat tidak membuat banjir yang sifatnya kepanjangan," ungkap Syarifuddin.