Zukri Membenarkan Annas Janji Beri Rp50 Juta Per Orang

Kesaksian-Zukri-Misran.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mantan anggota DPRD Riau 2009-2014, Zukri Misran membenarkan adanya janji pemberian uang dari Geburnur Riau non aktif, Annas Maamun untuk meloloskan pembahasan RAPBD-P 2014 dan RAPBD 2015 pada seluruh anggota DPRD Riau ketika itu.

 

"Waktu itu saya mendengar ada pemberian 60 atau 50 hektar pada masing-masing anggota dewan. Tapi ternyata itu pemberian materi uang. Besar uangnya sekitar Rp40 sampai Rp50 juta," kata Zukri dalam kesaksiannya di muka sidang, Rabu (11/11/2015). (BACA JUGA: Tersudut, Majelis Hakim: Saksi Jangan Tafsirkan, Jawab Saja)

 

Zukri mengaku uang tersebut dijanjikan oleh Annas Maamun atas usulan dari Suparman yang juga anggota DPRD Riau ketika itu. Namun ia menolak dan menentang usulan tersebut karena menurutnya itu salah.

 

"Waktu itu saya pertama kali dengar dari Pak Johar Firdaus. Saya langsung menentang karena itu salah. Tapi saya tak tahu persis jumlahnya," tegasnya.


 

Setiap anggota DPRD Riau menurut selentingan kabar yang didengar Zukri, akan diberikan Rp40 juta oleh Annas lewat Suparman yang menghubungkan. Karena Zukri menolak, ia kemudian dipanggil datang ke ruangan Johar Firdaus.(Baca Juga: Atuk Annas Sakit Parah Kesaksiaannya Batal

 

"Waktu itu saya dipanggil ke ruangan Pimpinan DPRD Riau, Pak Johar. Di dalam ruangan itu sudah ada Suparman, Kirjuhari, Koko Iskandar dan yang lainnya. Malam itu Suparman langsung berangkat untuk menjumpai Annas untuk membahas kesepakatan uang tersebut antara DPRD dan pemerintah," ungkapnya.

 

Namun ia tak tahu kabar selanjutnya karena ia tak diberitahu langsung. Ia hanya mendengar selentingan yang intinya Annas Maamun tak keberatan dan akan memberikan uang yang besarnya Rp40 sampai 50 juta untuk meloloskan RAPBD-P 2014 dan RAPBD 2015.

 

"Waktu itu saya mendengar selentingan kabar tersebut dari kawan-kawan DPRD yang lain, seperti Ricky Hariansyah," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline