Mahasiswa Kukerta UR di Kerinci Kanan Tanam 1.000 Bibit Pohon

mahasiswa-kunkerta-UR.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

RIAUONLINE, SIAK - Mahasiswa Universitas Riau (UR) yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata Tahun 2015 di Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, menanam 1000 bibit pohon trembesi dan buah-buahan. Bibit tersebut dibagikan ke delapan desa yang ada di Kecamatan Kerinci Kanan dan ditanam di wilayah fasilitas umum.

 

Menurut Koordinator Kecamatan Fathur Rozi melalui rilisnya yang diterima RIAUONLINE.CO.ID, Minggu (30/8/2015), untuk mensukseskan kegiatan itu, mahasiswa bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Dinas Pertanian Provinsi Riau. "Bibit yang ditanam antara lain pohon mahoni, matoa, jabon, durian dan trembesi yang jumlahnya masing-masing 200 bibit dan dibagikan ke delapan desa yang ada di Kecamatan Kerinci Kanan.  Desa tersebut yaitu Kerinci Kiri, Kerinci Kanan, Kumbara Utama, Buatan Baru, Buana Bhakti, Simpang Perak Jaya, Jati Mulya dan Delima Jaya," kata Fathur.

 

"Proses penanaman pohon diserahkan kepada setiap koordinator desa untuk ditanam paling lambat 30 Agustus
2015," kata lanjut Fathur.


 

Melalui kegitan itu, kata Fathur, diharapkan Kabupaten Siak lebih asri, hijau dan udara bersih, terutama di Kecamatan Ketinci Kanan yang mayoritas pobanyak tanaman sawitnya. "Masyarakat juga diharapkan tidak menggunakan cara membakar ketika membuka lahan. Kita juga ingin merubah paradigma masyarakat agar tidak mengidolakan sawit dan beralih ke tanaman lain. Akibat banyaknya pohon sawit terjadi krisis air bersih ketika musim kemarau karena sawit menyerap air yang sangat banyak dan merusak komposisi tanah," terang Fathur.

 

Camat Kerinci Kanan, Zainal Abidin, sangat mengapresiasi program peduli lingkungan yang dilakukan Mahasiswa Kunkerta tersebut. Menurutnya, penanaman pohon diprioritaskan pada fasilitas umum seperti sekolah, kantor desa, lapangan olah raga dan pinggiran jalan.

 

Tak hanya Zainal Abidin, Muhammad Ali selaku Ketua Karang Taruna Kerinci Kiri juga menyatakan dukungannya
terhadap program kerja mahasiswa UR. "Saya sangat mendukung program kerja yang dilakukan mahasiswa ini. Sebab akan membuat lingkungan desa lebih hijau di masa mendatang. Bibit yang ditanam ini manfaatnya akan sampai ke anak cucu," tutur Ali.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline