Bagaimana Persiapan Pasukan Pengibar Bendera?

Paskibra.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Zuhdy Febrianto)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Derap langkah sepatu puluhan paskibraka serentak terdengar ketika akan mengibarkan bendera. Pasukan pengibar bendera yang terdiri dari gabungan militer dan pelajar ini menjadi pemandangan yang indah dengan kekompakan gerakannya di halaman gedung perkantoran Gubernur Riau.


Pasukan Paskibraka Provinsi Riau gelar gladi kotor di halaman Kantor Gubernur Riau pada Jumat (14/8/2015) pagi Gladi ini menyusul akan diperingatinya hari jadi Republik Indonesia yang ke-70 tahun pada 17 Agustus mendatang.


Gladi ini dihadiri oleh Perwira Pertama (Pama) TNI AD, Polisi Militer, TNI AD diwakili oleh Arhanud dan Korem, Gabungan Paskhas dan perwira Lanud mewakili TNI AU,Satuan Brimob dan Satuan Sabara perwakilan dari Kepolisian serta Satuan Pamong Praja.

Letkol Dodi Sumardi selaku Perwira Upacara Detik Proklamasi ini mengaku persiapan sudah cukup baik dan matang. Mulai dari kekompakan, kelengkapan dan personil sudah tidak ada masalah lagi. "Adik-adik dari Paskibraka juga sudah menunjukkan hasil latihan yang bagus selama ini,” ujarnya.


(BACA JUGA: Veteran Ini Menangis Lihat Warga Tak Pasang Bendera)

 

Esok pagi rencananya gladi resik akan dilakukan mulai pikul 08.00 WIB. Gladi resik esok sebagai bagian dari rangkaian latihan yang terakhir bagi seluruh personil upacara. Letkol Dodi menyebut, untuk gladi kotor kali ini juga diramaikan oleh perwakilan para pelajar yang bertugas menyanyikan lagu wajib nasional pada upacara. Juga kelompok pemusik dari Satpol PP sebagai pengiring dalam upacara.

“Untuk gladi resik esok belum bisa dipastikan Pak Plt Gubernur dapat hadir atau tidak. Yang jelas beliau akan saya jumpai nanti untuk meastikannya sekaligus membicarakan beberapa hal yang perlu dibicarakan,” jelas perwira Angkatan Udara ini saat ditemui RIAUONLINE.CO.ID.